Logo WARTAEKONOMI

Ada Speaker Pintar Berbahasa Indonesia Berbasis Kecerdasan Buatan

Artificial intelligence atau kecerdasan buatan.
Artificial intelligence atau kecerdasan buatan.
Sumber :
  • Science HowStuffWorks

JAKARTA – Ada speaker pintar Berbahasa Indonesia yang berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Speaker pintar ini diciptakan oleh anak bangsa yang disokong oleh venture capital asal Indonesia.

Perusahaan Venture Capital (VC) sekaligus Venture Builder (VB) besutan inovator teknologi Kiwi Aliwarga, UMG Idealab, terus berkontribusi pada Revolusi Industri 4.0 Tanah Air meski saat ini lagi ada wabah Virus Corona COVID-19.

Memasuki kuartal II 2020, UMG Idealab fokus pada perkembangan kecerdasan buatan atau AI. Hal ini ditunjukkan melalui finalisasi program belajar AICI (Artificial Intelligent Center Indonesia) dan peluncuran Widya Wicara Prima, speaker pintar berbahasa Indonesia karya anak bangsa.

Pendiri UMG Idealab, Kiwi Aliwarga, mengatakan setelah resmi menggandeng Fakultas MIPA UI untuk pengembangan AICI pada September 2019 lalu, saat ini UMG Idealab tengah merampungkan modul kurikulum dan finalisasi perekrutan tutor bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Untuk menarik minat mengikuti kelas pelatihan AI, sosialisasi giat dilakukan kepada sekolah serta asosiasi guru negeri dan swasta di Kota Depok. Kegiatan ini turut menggaet Dinas Pendidikan Kota Depok selama periode September 2019–Februari 2020.

Berlokasi di Fakultas MIPA Universitas Indonesia, pusat belajar dan laboratorium AICI berfokus pada pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kecerdasan buatan (artficial intelligence/AI).

"Laboratorium ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar dan penelitian oleh dosen dan mahasiswa. Tak hanya itu, lab ini juga akan diperkenalkan ke siswa SD, SMP, dan SMA," katanya, Sabtu, 23 Mei 2020.