Logo ABC

Deretan Teknologi Penangkal Virus Corona Karya Orang Indonesia

Antisipasi wabah Virus Corona.
Antisipasi wabah Virus Corona.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Sejumlah ilmuwan di Indonesia beserta beberapa masyarakat telah menghasilkan sejumlah penemuan berbasis teknologi untuk membantu tenaga kesehatan dalam menangani penularan Virus Corona COVID-19.

KP Inovasi Teknologi

  • Teknologi yang digunakan tidak harus mengeluarkan uang banyak, menurut salah satu inovator
  • Robot yang diciptakan diharapkan dapat memudahkan pekerjaan tenaga medis yang berisiko
  • Sebuah aplikasi untuk memantau pergerakan diharapkan dapat digunakan secara nasional

Salah satunya adalah Dr. Syarif Hidayat, dosen STEI Institut Teknologi Bandung (ITB), yang mengaku tidak mau tinggal diam setelah menyadari kepanikan akibat COVID-19 yang melanda warga sekitarnya.

Melalui bantuan dana yang ia terima dari Masjid Salman ITB, Dr. Syarif memulai kontribusinya dengan mencoba membuat sebuah ventilator, atau alat bantu pernafasan ICU primitif.

Ia kemudian menunjukkan karyanya kepada beberapa dokter untuk mengecek efektivitasnya.

Melalui proses tersebut, Dr. Syarif menyimpulkan untuk menolong para tenaga medis dan pasien di tengah pandemi COVID-19 secara efektif, ia tidak perlu menciptakan ventilator serumit yang beredar di rumah sakit.

Dr. Syarif Hidayat
Dr.Syarif Hidayat mengatakan kini ia dikejar target untuk bisa menghasilkan ratusan ventilator dalam dua atau tiga minggu.

Supplied

"Lebih bagus kita membuat alat sederhana yang dapat dibuat secara cepat dan massal, serta dapat digunakan dokter umum dan perawat untuk mencegah memburuknya kondisi pasien," kata Dr Syarif kepada Natasya Salim dari ABC Indonesia.

Target 600 ventilator dalam dua minggu