Penelitian Menunjukkan, Sumber Air Pengaruhi Rasa Kopi

Ilustrasi meracik minuman kopi.
Sumber :
  • Deal Street Asia

VIVA – Sudah menjadi pandangan umum, bahwa rasa dari secangkir kopi dipengaruhi oleh jenis bijih kopinya. Ada yang gemar dengan Arabika, sementara yang lain lebih memilih Robusta.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Sementara bagi yang menjadi peminum kopi sejati, mereka akan memilih lebih spesifik dari dua jenis itu, yakni dari mana bijih kopi itu berasal.

Namun ternyata, rasa dari minuman kopi juga dipengaruhi oleh air yang digunakan untuk membuatnya. Seperti dilansir dari laman Ottencoffee, Selasa 10 November 2020. Barista terkenal, Scott Rao mengatakan bahwa ada empat unsur pada air yang bisa mengubah cita rasa saat kopi diseduh.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Pertama yakni Total Dissolved Solids atau TDS, yakni kemampuan air untuk melarutkan zat dalam kopi yang sudah diubah menjadi bubuk. Lalu, ada Hardness yang berupa kandungan mineral tertentu. Unsur ini tidak mempengaruhi rasa secara langsung, melainkan performa air saat dipanaskan di tangki.

Kemudian, kandungan alkalin yang jika terlalu tinggi akan membuat rasa kopi menjadi biasa, karena sifatnya menetralkan asam. Jika terlalu rendah, maka kopi akan terasa lebih asam dari seharusnya. Terakhir, acidic atau kadar keasaman dari air itu sendiri, yang dapat menciptakan rasa seimbang ketika menyeduh kopi.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Sebagai informasi, Ottencoffee menjadi salah satu gerai yang mendukung acara Barista Innovation Challenge
2020, yang digelar oleh Rasa Group. Beragam jenis kopi dari sejumlah daerah penghasil kopi di Indonesia akan diracik, agar dapat menjadi penerus kesuksesan beberapa kopi kekinian saat ini.

Ajang ini diharapkan dapat menginspirasi seniman kopi tanah air, untuk bisa mengembangkan tren minuman kopi yang benar-benar Indonesia.

"Kompetisi ini didedikasikan bagi para barista Indonesia, agar dapat menjadi stimulus dan mempersiapkan mereka dalam membangun coffee shop mereka sendiri melalui penciptaan resep khas yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis kopi mereka,” tutur pemilik Rasa Group, Sherley Ruslie.

Lima barista terbaik akan bersaing membuat dua kreasi minuman baru pada tahap final, yang akan digelar pada 26 Januari 2021 di Jakarta. Disediakan juga hadiah senilai puluhan juta rupiah.

“Buatlah kreasi minuman yang mempunyai latar belakang khas, menggambarkan identitas dan keunikan Anda sebagai barista, dan tentunya memiliki cita rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya