Nama Friendster dan mIRC Tiba-tiba Mencuat di Twitter

Tampilan halaman muka Friendster.id.
Sumber :
  • Tangkapan layar Friendster.id

VIVA – Masih ingat enggak kamu media sosial Friendster dan mIRC? Keduanya tiba-tiba mencuat jadi trending topic di Twitter Selasa hari ini, 26 Januari 2021. Berdasarkan pantauan VIVA Tekno sampai pukul 15.16 WIB, sebanyak 2.957 cuitan yang berkaitan dengan Friendster muncul di media sosial berlogo burung biru itu.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Sementara yang terkait dengan mIRC tercatat mencapai 1.287 cuitan. Bukan tidak mungkin cuitan keduanya masih terus bertambah. Sejumlah netizen mengenang perjalanan media sosial sejak sebelum dan sesudah Friendster.

Salah satu netizen mengunggah sebuah timeline yang memperlihatkan jauh sebelum TikTok muncul, sudah ada media sosial mIRC pada 1995, Line (2000) serta Friendster (2002).

Viral Isu Poligami, Berikut 5 Fakta Menarik Ustaz Hanan Attaki, Nomor 5 Bikin Terkejut

Ada juga netizen yang mengenang pertanyaan yang sering muncul kala Friendster menjadi primadona, yakni "FS kamu apa?,". Tak sampai di situ, netizen juga mengenang keberadaan warung internet alias warnet yang masih menjadi tempat favorit untuk mengakses media sosial seperti Friendster.

Heboh Isu Ustaz Hanan Attaki Poligami, Netizen Ngaku Shock

Photo :
  • Crackify

Menurut data dari berbagai sumber, Friendster merupakan media sosial yang lebih dahulu dikenal masyarakat Indonesia. Media sosial tersebut dibuat programer asal Kanada bernama Jonathan Abrams pada 2002. Nama Friendster diambil dari dua kata, "Friend" yang berarti teman, dan "Napster".

Per Juni 2008, Friendster memiliki pengguna aktif bulanan mencapai 37,1 juta orang. Dari angka tersebut, mayoritas pengguna Friendster berasal dari Asia. Angka pengguna Asia mencapai 33 juta pengguna aktif bulanan.

Atas prestasinya itu, Friendster sempat memperoleh pendanaan hingga US$50 juta (Rp706,5 miliar) dari beberapa venture capital. Selepas pamor situs web tersebut turun, Friendster dijual pada perusahaan asal Malaysia bernama MOL Global pada 2009 seharga US$40 juta (Rp565,2 miliar).

Selepasnya, Friendster berubah menjadi situs web game online. Data-data kenangan pengguna media sosial tersebut, per 31 Mei 2011, secara resmi dihapus oleh pihak Friendster. Berikut beberapa cuitan netizen yang mengenang masa-masa jaya Friendster dan mIRC:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya