Elon Musk Bercuit, Harga Dogecoin Melejit

Elon Musk.
Sumber :
  • Barron's

VIVA – Dogecoin, uang digital yang awalnya iseng dibuat, kini harganya melonjak lebih dari 800 persen setelah pengguna Reddit berbicara untuk menjadikannya sebagai mata uang digital atau cryptocurrency yang setara dengan GameStop.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Dilansir dari situs CNBC, Jumat, 29 Januari 2021, Dogecoin diciptakan pada 2013 berdasarkan meme 'doge' yang saat itu melibatkan seekor anjing Shiba Inu dan digunakan sebagai logonya. Berawal sebagai lelucon, tetapi sejak itu komunitas koin digital ini resmi terbentuk dengan harga Dogecoin diperdagangkan di kisaran US$0,000232 per koinnya.

Baca: Elon Musk Curhat Pernah Dicampakkan Apple

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Meskipun tertinggal dengan cryptocurrency yang lebih besar, seperti Bitcoin maupun Ethereum dalam beberapa tahun terakhir, kebangkitannya dalam beberapa hari disebabkan oleh grup Reddit bernama SatoshiStreetBets.

Seperti grup WallStreetBets, yang berada di belakang GameStop, SatoshiStreetBets ingin meningkatkan cryptocurrency. Satoshi adalah nama misterius atau sekelompok orang yang mengembangkan Bitcoin.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Coingecko mencatat, harga Dogecoin mencapai US$0,070755 atau setara Rp990,5 dari perdagangan sehari sebelumnya yang berada di kisaran US$0,072330 per keping. Nilai kapitalisasi pasar Dogecoin pun melejit dalam kurun waktu 24 jam, dari US$7,17 miliar menjadi US$8,2 miliar, berdasarkan data dari Coinmarket.

Hal itu membuat total nilai kapitalisasi pasar Dogecoin meningkat menjadi yang terbesar kesembilan di pasar mata uang kripto. Pada Kamis, 28 Januari kemarin, sebuah unggahan di forum Reddit menyebutkan Dogecoin sebagai crypto game.

GME merupakan kode saham dari GameStop. Selain itu, ada upa unggahan yang mengajak untuk membuat harga Dogecoin menjadi US$1 per koin. Sebab, harga Dogecoin tak pernah menyentuh angka US$1.

Pendiri dan Kepala Eksekutif Tesla dan SpaceX, Elon Musk, mengunggah akun Twitternya berupa cover majalah bergambar Doge (nama Dogecoin) dari Majalah Vogue. Hal itu kemudian dianggap sebagai sinyal bagi para investor Dogecoin dan menjadi salah satu penyebab harga Dogecoin melejit.

Ini bukan pertama kalinya Musk men-tweet soal Doge. Akhir tahun lalu, ia mencuit kalimat 'One Word: Doge', membuat harga Dogecoin melesat tajam di pasaran. Hal tersebut sekaligus membuktikan bahwa Doge adalah aset kripto favorit Elon Musk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya