Logo BBC

Program Manipulasi Cuaca China Bikin Waswas

Ilustrasi mengendalikan cuaca.
Ilustrasi mengendalikan cuaca.
Sumber :
  • https://virtualizationreview.com/

Pekerja China menggunakan meriam pemecah awan.
Getty Images
China menggunakan meriam untuk menembakkan zat ke awan untuk memecahnya.

Beijing, ibu kota China, merupakan salah satu kota yang polusinya paling parah di dunia. Tapi langit bisa tiba-tiba cerah ketika ada pertemuan politik penting atau acara internasional yang berlangsung di sana.

Dan ini bukan kebetulan.

Pihak berwenang China telah menggunakan program manipulasi iklim selama bertahun-tahun, dan pada Desember lalu telah mengumumkan langkah lebih jauh yaitu memperluas kapasitas operasional "manipulasi cuaca" di seluruh negeri.

Pihak berwenang mengatakan, program hujan atau salju buatan akan mencakup 5,5 juta kilometer persegi pada 2025, yang merupakan hampir 60 persen dari wilayah China.

Namun inisiatif tersebut telah menimbulkan kekhawatiran para negara-negara tetangga seperti India, di tengah ketidakpastian tentang dampak teknologi ini dan ketegangan regional yang sudah ada sebelumnya.

Bagaimana China memanipulasi cuaca?

China menggunakan metode yang disebut manipulasi cuaca atau cloud seeding yang sudah dikenal di seluruh dunia.

Metode ini menggunakan zat pendispersi seperti perak iodida yang disemai ke awan untuk menghasilkan presipitasi (proses pengendapan) sehingga menghasilkan hujan maupun salju – ini adalah teknik untuk mengubah cuaca.