Cari Tahu Nomor IMEI dari iPhone dan Android Kamu

SMS Status IMEI.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Pemerintah Indonesia telah memperketat jalur ponsel ilegal dengan cara mengidentifikasi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada tahun lalu, sehingga masyarakat yang membeli ponsel di luar negeri harus membayar pajak agar perangkatnya bisa terdaftar secara legal. IMEI juga akan berguna jika ponsel hilang atau dicuri.

Indonesian Government to Provide Incentive for Apple Investment

Kamu bisa menggunakan nomor IMEI untuk memasukkannya ke dalam daftar hitam untuk memastikan bahwa siapa pun yang menemukannya tidak dapat menggunakannya meskipun dengan kartu SIM baru. Di bawah ini cara memeriksa nomor IMEI ponsel dari iPhone dan Android, seperti dikutip dari laman Techradar, Jumat, 19 Maret 2021:

1. Informasi nomor IMEI pada Android terletak di menu Pengaturan. Pergilah ke sana lalu ketuk menu 'Tentang Ponsel', 'Status' atau 'Umum', lalu 'Tentang Perangkat' dan 'Status'.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Beberapa ponsel memungkinkan Anda untuk menyalin nomor. Sementara yang lain akan meminta Anda untuk menuliskan nomor atau mengambil tangkapan layar. Kamu juga akan menemukan informasi lain tentang ponsel, seperti nomor seri dan detail spesifikasinya.

2. Untuk iOS atau iPhone, proses untuk menemukan nomor IMEI sama untuk seluruh seri. Cukup buka 'Pengaturan', 'Umum' dan 'Tentang'. Gulir sedikit ke bawah dan pengguna dapat melihat IMEI.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Jika iPhone tidak di tangan maka kamu bisa memeriksa IMEI secara online. Kiatnya adalah dengan membuka akun Apple, lalu masuk dengan ID Apple. Setelah selesai melakukannya, gulir ke bawah ke 'Perangkat' dan pilih 'iPhone', nomor IMEI akan terlihat di sana.

3. Nomor IMEI pada iPhone juga bisa diperiksa dengan menghubungkannya ke komputer dan melihatnya di iTunes atau melalui Finder, dengan mengklik tab ringkasan di bawah nama ponsel kamu.

4. Beberapa ponsel menampilkan nomor IMEI secara fisik di perangkat. iPhone yang sudah menerapkannya dimulai dari iPhone 6S, nomor unik itu bisa dilihat di baki SIM menggunakan kaca pembesar. Ini bukan metode termudah tetapi akan sangat berguna.

5. Beberapa seri Samsung Galaxy menampilkan nomor IMEI di bagian belakang casing, tapi memerlukan kaca pembesar untuk melihatnya.

6. Cara lain yang lebih mudah namun tradisional adalah menekan *#06# di ponsel, baik iPhone maupun Android. Setelah itu, kamu akan menerima pesan pop-up dengan nomor IMEI ponsel. Tapi sayangnya, dukungan ini telah dihentikan dari ponsel yang lebih baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya