Logo DW

Vaksin COVID-19 Buatan Pasangan Ilmuwan Keturunan Turki Berbuah Manis

Ugur Sahin dan istrinya Özlem Türeci adalah dua ilmuwan Jerman keturunan Turki.
Ugur Sahin dan istrinya Özlem Türeci adalah dua ilmuwan Jerman keturunan Turki.
Sumber :
  • dw

Hampir satu tahun lalu, tidak banyak yang mengenal pasangan suami istri Özlem Türeci dan Ugur Sahin. Setelah mendirikan perusahaan kecil di bidang bioteknologi dengan nama BioNTech pada 2008, mereka fokus pada penelitian kanker.

Namun, kemunculan pandemi Virus Corona membuat keduanya mengembangkan vaksin COVID-19. Hingga saat ini, kemampuan mereka berhasil menyelamatkan nyawa jutaan orang di seluruh dunia.

Penghargaan tertinggi Jerman

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier menganugerahkan medali Knight Commander's Cross kepada Sahin dan Türeci pada Jumat, 19 Maret 2021.

“Mereka merasa terhormat karena dapat memberikan kontribusi untuk penanggulangan pandemi Virus Corona," demikian keterangan resmi Kantor Kepresidenan Jerman pada awal Maret lalu.

The Knight Commander's Cross adalah bagian dari Order of Merit of the Federal Republic of Jerman, yang dibentuk pada 1951 oleh Theodor Heuss, Presiden Pertama Jerman Pascaperang Dunia II.

Pemberian penghargaan dimaksudkan untuk "secara nyata mengungkapkan pengakuan dan terima kasih kepada laki-laki dan perempuan yang layak baik rakyat Jerman maupun negara-negara asing."