Begini Cara Pakai Fitur SOS Darurat di Android dan iOS

SOS Darurat atau Emergency SOS.
Sumber :
  • Amber Case - Medium

VIVA – Apakah ada yang belum tahu bagaimana menggunakan Emergency SOS atau SOS Darurat dari ponsel pintar (smartphone) maupun jam tangan pintar (smartwatch)? Padahal, fitur ini akan sangat berfungsi ketika pemilik gadget atau gawai sedang menghadapi keadaan genting dan harus segera terhubung ke kontak darurat.

Apple Izinkan iPhone Diperbaiki Pakai Suku Cadang Asli tapi Bekas

Saat ini sudah banyak produsen perangkat yang menyertakan fitur-fitur tersebut di dalamnya. Tidak hanya menghubungi kontak darurat, teknologi tertentu juga bisa mengirim suara, lokasi, dan gambar dari seseorang yang mengirim SOS Darurat. Mengutip dari situs Techradar, Kamis, 25 Maret 2021, berikut tips menggunakan SOS Darurat di Android maupun iOS:

iPhone

Bos Apple Tim Cook Injakkan Kaki di BSD Tangerang

Baca: Pertarungan Ponsel Lipat Samsung vs Xiaomi

SOS Darurat sudah tersedia saat Anda mengeluarkan iPhone dari kotaknya, tetapi ada beberapa cara untuk mengaturnya agar berfungsi lebih baik. Fungsi ini bisa berjalan di semua negara, tetapi di beberapa tempat mungkin hanya dapat memilih satu layanan darurat tertentu saja.

WhatsApp Mau Dibuat Semakin Pintar

Pertama, untuk melakukan panggilan layanan darurat sederhana dari iPhone caranya berbeda-beda, tergantung pada model iPhone yang dimiliki. iPhone 8 atau yang lebih baru bisa dengan menahan tombol samping dan tombol volume. Kemudian, Anda akan menemukan ikon geser di layar yang memiliki tulisan 'SOS Darurat'.

Ketika digeser maka itu akan membuat panggilan langsung ke layanan darurat. Kemudian, jika tidak dapat menggeser maka tahan tombol dan Anda akan menemukan telepon mengeluarkan suara peringatan dengan hitungan mundur. Ini sangat berguna jika Anda tidak dapat mengeluarkan ponsel dari saku.

Untuk iPhone 7 atau yang lebih lawas atau tua, caranya adalah dengan menekan tombol samping sebanyak lima kali berturut-turut dengan cepat. Untuk wilayah India bahkan hanya perlu menekannya sebanyak tiga kali. Anda kemudian akan menemukan bilah geser, SOS Darurat akan muncul di mana Anda dapat segera melakukan panggilan.

Ketika panggilan selesai maka sistem akan mengirim pesan teks ke kontak darurat Anda dengan lokasi saat ini. Anda memiliki opsi untuk membatalkannya sebelum pesan dikirim. Tapi, supaya berfungsi maka Anda harus menyiapkan kontak darurat terlebih dahulu.

Apple Watch

Fitur serupa tidak absen di Apple Watch. Anda dapat menahan tombol samping selama beberapa saat hingga SOS Darurat muncul. Perhatikan juga bahwa iPhone harus berada di dekat Anda untuk melakukan panggilan, kecuali Anda memiliki Apple Watch versi LTE.

Jika Anda terus menahan tombol, hitungan mundur akan dimulai dan pada akhir hitungan, panggilan ke layanan darurat akan dimulai. Setelah itu, kontak darurat Anda akan menerima teks yang sama dengan lokasi Anda.

Android

Pada ponsel Android, fitur bekerja tergantung pada pabrikannya. Biasanya informasi bisa ditemukan di Pengaturan dengan memasukkan frasa seperti pesan SOS atau kata darurat saja di menu pencarian.

Misalnya saja ponsel Samsung memiliki fitur yang disebut Kirim Pesan SOS yang memungkinkan Anda menekan tombol samping tiga kali untuk secara otomatis mengirim pesan kepada seseorang tentang lokasi Anda.

Ini akan secara otomatis melampirkan gambar menggunakan kamera belakang dan depan Anda, serta rekaman audio sesaat sebelum pesan dikirim.

Lalu, perangkat Xiaomi memiliki fitur yang disebut SOS Darurat yang akan mengirim pesan setelah Anda menekan tombol daya di ponsel sebanyak lima kali secara berurutan.

Ini akan mengirimkan lokasi Anda dan pesan SOS, tetapi tidak akan menyertakan citra atau rekaman audio. Sedangkan untuk Oppo dan Realme, juga menyebutnya sebagai SOS Darurat. Di sini pengguna dapat memilih antara panggilan telepon langsung ke kontak darurat atau mengaturnya untuk mengirim pesan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya