PM Israel Naftali Bennett Sudah Jago Teknologi Sejak di Pasukan Khusus

Perdana Menteri Israel Naftali Bennett.
Sumber :
  • Deccan Herald

VIVA – Naftali Bennett resmi menjadi Perdana Menteri (PM) Israel menggantikan Benjamin Netanyahu yang sudah berkuasa selama 12 tahun. Sebelum terjun ke dunia politik pada 2013, ia adalah mantan personel pasukan khusus dan pengusaha teknologi canggih (hi-tech).

Innalillahi, Letnan Emil Perwira Pasukan Khusus Rahasia Satbravo 90 Kopasgat TNI Meninggal Dunia

Bennett sudah jago teknologi sejak berdinas di salah satu pasukan khusus Israel bernama Sayeret Maglan. Berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno, Rabu, 16 Juni 2021, Maglan adalah unit yang berdiri pada Juni 1986 yang memiliki spesialisasi beroperasi senyap jauh di belakang garis musuh menggunakan teknologi dan persenjataan canggih.

Unit 212 atau Ibis, julukan dari Maglan, memang didirikan untuk ahli dalam perang antitank menggunakan senjata canggih. Sayeret Maglan merupakan bagian dari Brigade Komando Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Ada Kopassus, Ini 5 Pasukan Khusus Militer Terbaik di Dunia

Maglan juga memiliki divisi pengembangan senjata tingkat lanjut yang misinya adalah menemukan teknologi yang solutif dan inovatif sesuai dengan kebutuhan operasional dan kegiatan unit yang bersifat rahasia.

Selain jago teknologi, personel Maglan juga harus menguasai navigasi, kamuflase, pengamatan, peperangan dan perangkat operasional khusus. Sarjana hukum dari Universitas Ibrani Yerusalem ini merasakan Perang Lebanon pada 2006, di mana ia bertugas di Sayeret Maglan dengan misi utamanya menghancurkan Hezbollah.

Tinggalkan Hantu Laut Marinir, Letkol Mario Ditarik Jadi Pejabat Pasukan Elite Koopssus TNI

Photo :
  • Haaretz

Ada alasan mengapa Maglan dinamai Unit Ibis. "Burung ini sangat langka di Israel. Tapi Ibis mudah membaur. Artinya, burung ini berhasil menyesuaikan diri dengan kehidupan di mana pun mereka tinggal," kata Mantan Komandan Unit Ibis, Letnan Kolonel (Purn) Danny Herman, seperti dikutip dari situs resmi IDF.

Selain Maglan, Naftali Bennett juga pernah bertugas di Sayeret Matkal. Seperti diketahui, pada 1999, ia mendirikan startup atau perusahaan rintisan bernama Cyota, yang bergerak di sektor perangkat lunak anti-penipuan di New York, Amerika Serikat.

Enam tahun kemudian, Cyota dijual ke ke RSA Security yang berbasis di AS seharga US$145 juta. Usai menjual startup, pria yang selalu mengenakan kippa ini direkrut Soluto, perusahaan teknologi yang menyediakan layanan berbasis awan (cloud) yang memungkinkan dukungan jarak jauh untuk komputer pribadi dan perangkat seluler pada 2009.

Namun, keberadaan Bennett di Soluto hanya empat tahun. Karena, pada 12 November 2013, Soluto diakuisisi oleh Asurion asal AS seharga US$130 juta. Pada Juni 2021, Forbes Israel melaporkan kalau Naftali Bennett berinvestasi sebesar US$5 juta ke perusahaan fintech AS, Payoneer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya