Matahari Tepat di Atas Kabah 5 Hari Jelang Idul Adha

Kabah di Masjidil Haram.
Sumber :

VIVA – Matahari akan tepat berada di atas Kabah lima hari menjelang Hari Raya Idul Adha, atau tepatnya 15 Juli 2021. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN mengungkapkan bahwa fenomena alam tersebut dengan istiwa'ul a'zham atau great culmination.

Deretan Fitnah Dajal di Akhir Zaman yang Harus Diwaspadai oleh Manusia

Ini adalah kali kedua setelah sebelum terjadi pada 27 Mei lalu. "Fenomena ini terjadi ketika deklinasi Matahari bernilai sama dengan lintang geografis Kabah. Jadi, ketika tengah hari, Matahari tepat berada di atas Kabah," kata peneliti Andi Pangerang, dalam situs Edukasi Sains LAPAN, Minggu, 11 Juli 2021.

Peristiwa Matahari di atas Kabah ini menjadi acuan bagi umat Muslim di Indonesia untuk meluruskan kembali arah kiblat. Puncak fenomena ini terjadi pada pukul 16:26.42 WIB/17.26.42 WITA/18.26 WIT.

Pendeta Ini Ajak Jemaatnya Untuk Masuk ke Masjid dan Ungkap Hal Tak Terduga Ini

Namun begitu, tidak semua wilayah Indonesia mengalami fenomena tersebut. Misalnya sebagian Provinsi Maluku, mulai dari Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram bagian timur, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Kepulauan Kei.

Kemudian, Kota Tual, Kabupaten Maluku Barat Daya (minus Pulau Wetar) dan Kabupaten Kepulauan Aru, ditambah dengan Provinsi Papua Barat serta Provinsi Papua. Sebelumnya, usai merayakan Hari Raya Idul Fitri, umat Islam akan mengalami fenomena alam yang berdampak pada arah kiblat salat pada 27 Mei kemarin.

Mengenal Serba Serbi Tradisi Lebaran Ketupat Hari Ini 17 April 2024: Sejarah Hingga Maknanya

Fenomena Matahari tepat di atas Kabah akan terjadi pada pukul 16.17.52 WIB, 17.17.52 WITA, dan 18.17.52 WIT. Momentum ini menjadi kesempatan umat Muslim di Indonesia dan seluruh dunia untuk meluruskan arah kiblat salat.

ilustrasi sholat/salat/shalat

Imam Masjid di Inggris Dilaporkan ke Polisi Gegara Izinkan Siswa Salat

Seorang imam masjid di London dilaporkan ke pihak berwajib, setelah memperbolehkan siswa Muslim untuk menunaikan Ibadah salat karena bertentangan dengan peraturan sekolah

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024