Manfaat Fitur NFC pada Ponsel yang Harus Kamu Tahu

Ilustrasi menggunakan ponsel.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ponsel pintar atau smartphone masa kini dituntut untuk memiliki desain yang menarik dan juga memiliki fitur edukasi dan atraksi, selain itu fitur bermanfaat seperti NFC (near field communication / komunikasi medan dekat) juga diperlukan untuk kemudahan bertransaksi secara digital.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Fitur tersebut rupanya tidak hanya bisa berguna untuk bertransaksi digital namun juga memiliki manfaat lain yang bisa memudahkan produktivitas pengguna smartphone di masa serba digital ini.

Berikut yang perlu Anda kenali mengenai manfaat NFC yang disematkan pada ponsel, mengutip keterangan resmi Oppo, Jumat, 23 Juli 2021:

Kisah Inspiratif Dhani, Dari Game Online Hingga Jadi Sensasi di TikTok

Bagikan Kontak

Fitur NFC memungkinkan pengguna untuk mengirim nomor ponsel dan detail kontak ke ponsel lain tanpa harus memasukkan detail secara manual. Untuk melakukan ini, buka Kontak yang ingin Anda bagikan, lalu sentuh ponsel secara bersamaan dan pilih untuk mengirim. Kontak yang Anda kirim akan disimpan ke Daftar Kontak di perangkat lain.

Biadab! Anak Durhaka di Cengkareng Ini Tega Bacok Ibu Kandungnya gegara Ponsel

Kirim Gambar atau Video

Teknologi NFC.

Photo :
  • Pixabay

Untuk mengirim foto atau gambar dari ponsel Anda ke perangkat lain, buka Gambar di aplikasi gambar pilihanmu, tempatkan bagian punggung perangkat bersamaan, lalu tekan Kirim / Send ketika diminta.

Kirim Dokumen

Apabila Anda ingin mengirim buku online, PDF, atau dokumen lain, maka Anda bisa menggunakan Android Beam. Temukan dokumen di ponsel Anda, lalu buka menu Settings dan pilih Share > Android Beam. Dekatkan kedua perangkat, lalu tekan Kirim/ Send ketika diminta.

Bagikan Aplikasi

Anda tidak dapat mengirim aplikasi secara langsung ke ponsel orang lain. Akan tetapi, ketika Anda membuka aplikasi dan menyentuhkan ponsel bersamaan, Anda bisa mengarahkannya untuk membuka aplikasi Play Store, sehingga mereka dapat mengunduh dan memasangnya sendiri.

Jika ponsel lain sudah memiliki aplikasi yang di-install, Anda bisa membukanya dengan mengirimkannya dari ponsel.

Kirim Pembayaran Melalui Ponsel

Anda harus mengunduh dan memasang Google Pay terlebih dahulu untuk melakukan pembayaran melalui ponsel yang memiliki NFC (near field communication).

Pasang aplikasinya dan pastikan detail pembayaran anda disimpan, kemudian pegang ponselmu di dekat alat pindai pembayaran dan tekan Bayar untuk membayar.

Anda dapat melakukan pembayaran dengan menekan bagian belakang ponsel dengan perangkat apapun dengan logo pembayaran. Contohnya, mesin scan pembayaran atau tiket transportasi umum, dan lainnya.

NFC ada baiknya diaktifkan ketika dibutuhkan dan dinonaktifkan ketika sudah selesai menggunakannya. Selain dapat menghemat baterai, mematikan NFC juga bermanfaat menghindari risiko keamanan data di ponsel Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya