Lakukan Ini Jika Ponsel Terendam Air

Ponsel kecemplung air.
Sumber :
  • Daily Express

VIVA – Air jadi salah satu faktor kerusakan pada smartphone, baik secara sengaja maupun tidak. Sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa dimanfaatkan untuk menghindari kerusakan akibat ponsel tersentuh air.

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa digunakan untuk menghindari kelumpuhan ponsel akibat terkena air, mengutip dari laman Eraspace, Minggu 12 September 2021.

Angkat dari rendaman air
Langkah awal yang harus dilakukan adalah mengambil keluar ponsel yang terendam air kemudian bersihkan permukaan yang terkena air untuk menghindari zat cair itu masuk melalui lubang yang ada di smartphone.

Siap-siap Menyambut Xiaomi 14 di Indonesia

Jika cipratan atau genangan air mengenai perangkat yang sedang mengisi daya, segera lepaskan kabel pengisi daya untuk menghindari risiko terkena arus listrik.

Jangan aktifkan ponsel
Setelah keluar dari air, matikan perangkat untuk beberapa saat, bahkan jika tampak seperti dalam keadaan baik. Jika ponsel dalam keadaan hidup, matikan saja dan letakkan di tempat yang aman.

THR Cair Saatnya Beli HP Baru, Harga Rp1,4 juta Sudah Dilengkapi AI

Sebaiknya di atas permukaan yang rata, seperti di atas beberapa handuk kertas. Ponsel yang hidup dalan keadaan terkena air bisa menyebabkan korsleting.

Melepas komponen
Komponen-komponen yang dimaksud adalah kartu SIM, memori, hingga baterai yang bisa dilepas-pasang. Tujuannya adalah mengeringkan sisa-sisa air yang turut mengenai bagian-bagian tersembunyi pada perangkat.

Keringkan dengan lap atau tisu
Cobalah untuk mengeringkan bagian luar dengan handuk kertas. Gunakan handuk kertas untuk mengeringkan setiap komponen. Pastikan Anda tidak terlalu mengaktifkannya, sebelum semua kering.

Jangan gunakan hairdryer
Jangan tekan tombol apa pun dan jangan menggoyang atau meniup perangkat karena dapat mendorong air lebih jauh ke dalam telepon, untuk itu hindari juga alat pengering karena terdapat angin yang bertiup. Suhu hairdryer yang tinggi juga dapat menyebabkan komponen listrik di dalam smartphone menjadi ringkih.

Ilustrasi hairdryer

Photo :
  • instagram.com/sami0890/

Beras
Praktik yang sangat umum adalah meletakkan ponsel di dalam kantong plastik berisi beras dan membiarkannya di sana selama sekitar dua atau tiga hari.

Beras dipilih karena selalu tersedia di setiap rumah. Beras juga sangat baik dalam menyerap kelembapan di udara, membuat lingkungan ponsel lebih kering dan akan membantu mengeringkan perangkat.

Gel silika
Alternatif yang lebih baik adalah gel silika, merupakan kemasan kecil yang sering Anda temukan di sepatu atau kotak elektronik. Tidak semua orang memiliki gel silika, tapi Anda bisa mendapatkannya di toko daring.

Sama halnya dengan beras, gel silika bisa mengeringkan smartphone yang lembap. Dia mampu menyerap kelembapan dan mencegah terjadinya pengembunan pada smartphone. Penggunaannya sendiri cukup sama dengan beras, di mana smartphone dimasukkan ke tumpukan gel silika lalu diamkan 2 sampai 3 hari.

Gel silika.

Photo :
  • U-Report
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya