Hasrat Israel Terbangkan Ribuan Drone Serentak

Drone membawa sebuah kotak bertanda 'Flying Sushi' di Israel.
Sumber :
  • Deutsche Welle

VIVA – Pengiriman makanan dengan pesawat nirawak atau drone baru-baru ini dipertunjukkan di Israel. Negeri Yahudi itu ngebet melihat ribuan drone terbang serentak di masa depan dengan tugas yang berbeda-beda. Untuk itulah, Israel melakukan sebuah demonstrasi pengiriman makanan dan minuman menggunakan drone.

Ngeri, Viral Video Israel Rudal 4 Pemuda Palestina Tak Bersenjata

Berlangsung di hamparan berumput di tepi pantai Tel Aviv, tiga drone terbang di atas gedung-gedung tinggi. Dua drone membawa sushi, dan satu drone lainnya membawa berkaleng-kaleng bir.

Demonstrasi penerbangan drone itu dikomandoi oleh dua perusahaan, yaitu High Lander – yang memiliki spesialisasi dalam kontrol lalu lintas untuk drone otomatis, dan Cando – yang membantu menyusun strategi drone untuk klien.

UK Government Wants Flying Taxi to Launch in 2026

Menurut mereka, satu hal penting yang perlu diantisipasi adalah bagaimana cara agar tabrakan di langit dapat dihindari dengan semakin ramainya drone di masa depan, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs Deutsche Welle, Kamis, 21 Oktober 2021.

"Menerbangkan satu drone tidak jadi masalah. Kita berbicara tentang multi drone yang berasal dari produsen drone yang berbeda-beda, tetapi mereka akan tetap memantau dengan menggunakan software kami, dan kami dapat memastikan mereka tidak bertabrakan," kata Kepala Eksekutif High Lander, Alon Abelson.

Pemerintah Ingin Taksi Terbang Meluncur dalam 2 Tahun

Drone.

Photo :
  • dw

Aksi pengiriman sushi dan bir menggunakan drone Israel ini merupakan bagian dari inisiatif pemerintah dan swasta senilai 20 juta shekel (US$6 juta atau Rp84,7 miliar), dalam rangka memajukan teknologi drone Israel.

Daniella Partem, yang memimpin insiatif drone tersebut di Israel Innovation Authority, mengatakan kalau dirinya memimpikan 'ribuan' drone dapat terbang secara simultan di kota-kota besar di masa depan. Tugasnya bisa bermacam-macam. Mulai dari pengiriman obat-obatan, memperkuat kinerja polisi, atau mempercepat pengiriman makanan.

"Tujuan kami adalah menciptakan pasar yang kompetitif di Israel, tidak didominasi oleh satu perusahaan. Jika kita berhasil memindahkan kendaraan dari darat ke udara, maka akan berdampak positif terhadap lalu lintas, sehingga mampu mengurangi polusi udara dan menciptakan lingkungan yang lebih baik, lebih aman," tutur dia.

Sementara itu, Michael Horowitz, seorang pakar drone yang juga seorang ilmuwan politik di University of Pennsylvania, AS mengatakan Israel saat ini sedang membuat 'analog sipil' untuk drone militernya yang semakin kecil dan dilaporkan dapat bergerak dan menyerang secara terkoordinasi.

Drone militer Israel banyak dikritik, terutama oleh warga Palestina di Jalur Gaza, yang dinilai menimbulkan ketakutan dan merugikan warga sipil. Namun, dalam industri drone komersial, Horowitz mengatakan bahwa Israel dapat menawarkan pendekatan baru kepada perusahaan yang saat ini cenderung lebih mengembangkan teknologinya sendiri.

"Seringkali perusahaan seperti Google hanya menjalankan pengawasan terhadap sistemnya sendiri. Jika perusahaan Israel mampu mengembangkan sebuah komando yang efektif untuk drone tingkat lokal dan mengatur arsitektur yang mampu mencakup drone dari banyak perusahaan yang berbeda, saya bisa melihat akan banyak orang yang berpotensi menaruh minat dengan produk itu," jelas Horowitz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya