Meneliti Antibiotik Baru di Jerman, tapi Bahan Utamanya dari Indonesia

Zerlina Gabriela Wuisan.
Zerlina Gabriela Wuisan.
Sumber :
  • Deutsche Welle

VIVA – Zerlina Gabriela Wuisan lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, tapi merasa sebagai orang Surabaya, Jawa Timur. Itu karena ia lama tinggal di sana. Zerlina juga menyelesaikan kuliah S1 Jurusan Teknobiologi di Universitas Surabaya. Untuk meraih gelar S2, ia berkuliah di Universitas Bonn, Jerman.

Jurusan yang diambil pun 'Molecular Biology and Biotechnology'. Sekarang, perempuan cantik berkacamata itu sedang melanjutkan studi Doktor atau S3 di Universitas Giessen. Topik penelitian yang diambil adalah 'Natural Products', yaitu senyawa-senyawa yang dihasilkan bakteri secara alamiah.

Target penelitiannya adalah mencari antibiotik baru!

Ketika menyelesaikan S2 di Universitas Bonn, kebetulan profesor pembimbing Zerlina memulai proyek kerja sama dengan Indonesia, tepatnya dengan Universitas Sam Ratulangi, Sulawesi Utara. Selain itu, jika meneruskan S3 di bawah bimbingan profesor itu, ia bisa mendapatkan beasiswa dari DAAD atau Dinas Pertukaran Akademis Jerman.

Akhirnya, Zerlina memutuskan melanjutkan ke bidang itu.

“Aku excited juga sih karena ada kerja sama dengan Indonesia. Jadinya aku mulai bertanya-tanya, apakah yang ada di Indonesia bisa ditelusuri mengenai bidang ini. Sumber alam Indonesia kan banyak yang belum dipelajari," tutur dia, seperti dikutip VIVA Tekno dari DW, Selasa, 26 Oktober 2021.

Zerlina juga bercerita kalau dirinya memilih bidang itu karena tertarik mengetahui ilmunya. “Apa sih ini? Barang baru, kecil, seperti DNA, enggak keliatan apa yang dikerjain,” jelas dia.