Zat Penyebab Aroma Ganja Mirip Bawang Putih

Tanaman ganja.
Tanaman ganja.
Sumber :
  • dw

VIVA – Para peneliti akhirnya menemukan apa yang membuat ganja memiliki aroma khas. Tim dari Abstrax yang berbasis di Tustin, California, Amerika Serikat (AS) melakukan isolasi keluarga senyawa baru yang secara alami ada di tanaman yang dilarang tersebut.

Zat ini dikenal sebagai senyawa volatile sulfur (VSC) yang memberikan bau kuat pada gulma. Volatile sulfur terkait dengan rasa dan bau dalam genus tanaman allium, yang meliputi daun bawang dan bawang Bombay serta tanaman lainnya seperti kubis, brokoli, dan kubis Brussel.

Menariknya, VCS dalam pot secara kimiawi mirip dengan yang ditemukan di allium sativum (lebih dikenal sebagai bawang putih) dan mungkin terkait dengan manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan tanaman berumbi.

Ratusan molekul organik berkontribusi pada aroma ganja. Sebagian besar adalah terpene, senyawa yang bertanggung jawab atas bau hampir semua tanaman, buah-buahan, dan rempah-rempah, seperti dikutip VIVA Tekno dari situs Daily Mail, Selasa, 23 November 2021.

Untuk melacak catatan khusus ini maka para peneliti menggunakan 2-dimensional gas chromatography (2DGC) pada bunga ganja serta spektrometri massa, lalu deteksi ionisasi nyala dan chemiluminescence belerang.

Apa yang mereka temukan adalah keluarga baru senyawa volatile sulfur atau senyawa organik yang mengandung belerang, yang bertanggung jawab atas aroma tajam pada ganja.

Menurut laporan American Chemical Society pada 2011, senyawa belerang yang mudah menguap memainkan peran penting dalam aroma roti, popcorn, kacang-kacangan, produk kentang dan anggur, serta berkontribusi pada karakteristik rasa yang halus pada keju cheddar, cokelat, dan rasa buah tropis.