Pemburu Alien Akan Terbang 3 Menit Sebelum Azan Isya

James Webb Space Telescope (JWST).
Sumber :
  • European Space Agency

VIVA – Roket Ariane 5 yang akan membawa James Webb, teleskop sapu jagat pemburu alien, sedang isi bahan bakar untuk lepas landas ke luar angkasa pada Sabtu hari ini, 25 Desember 2021 pukul 07.20 EST atau 19.20 WIB – tiga menit sebelum azan Isya.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Empat jam sebelum peluncuran, Roket Ariane 5 mulai diisi dengan 175 ton propelan, 150 ton oksigen cair, dan 25 ton hidrogen cair yang saat ini sedang mengalir ke tahap inti roket.

Lalu, sebanyak 15 ton propelan lainnya akan dimuat ke bagian atas roket dan pengisian bahan bakar diharapkan selesai dalam 1 jam 22 menit sebelum peluncuran. James Webb dijadwalkan lepas landas dari Pusat Antariksa Kourou di Guyana, Prancis.

Top Trending: Naik Bus Hantu dari Lampung ke Bekasi, Pimpinan Aolia Mbah Benu Beri Klarifikasi

Cermin raksasa itu akan diluncurkan di atas Roket Ariane 5 yang dioperasikan oleh European Arianespace. "Serangkaian pengarahan lainnya akan dilakukan selama beberapa jam ke depan untuk memastikan bahwa kondisi tetap memungkinkan untuk peluncuran," demikian menurut keterangan resmi NASA, seperti dikutip dari situs Space.

Observatorium ini dipimpin oleh Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA dengan kontribusi Badan Antariksa Eropa (ESA) serta Badan Luar Angkasa Kanada (CAA).

Pria yang Disebut Mirip Alien Lalu Pukul hingga Ludahi Wanita di Kendari Ditangkap

Setelah diluncurkan, teleskop sapu jagat pemburu alien ini akan menghabiskan bulan pertamanya di luar angkasa dengan urutan penyebaran yang rumit dan melakukan perjalanan ke stasiunnya sekitar 1 juta mil (1,6 juta kilometer) jauhnya dari Bumi.

Pada pertengahan 2022, para ilmuwan tiga badan antariksa dari tiga negara ini berharap James Webb mulai bertugas melakukan pengamatan tata surya, galaksi, bahkan lebih jauh lagi.

Observatorium itu pun akan mengkhususkan diri dalam mengumpulkan cahaya inframerah yang akan membantu para astronom mempelajari periode awal alam semesta.

James Webb sudah direncanakan NASA sejak 2002 dan konstruksinya dimulai dua tahun kemudian. Meskipun teleskop raksasa ini awalnya menargetkan peluncuran pada 2007, namun proyek tersebut kerap menghadapi penundaan yang tidak terhitung jumlahnya serta pembengkakan biaya.

Setelah pada 2007, kemudian di 2018, lalu Maret 2021. Pandemi COVID-19 ikut menunda penerbangan James Webb hingga 18 Desember. Tidak berhenti di situ. Kesalahan teknis dan masalah cuaca juga menjadi faktor NASA dan ESA untuk kembali memundurkan waktu peluncuran hingga Natal pekan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya