Lebih Dekat dengan Jam Kiamat

Ilustrasi jam.
Ilustrasi jam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ilmuwan akan mengungkap seberapa dekat umat manusia dengan 'bencana eksistensial' berdasarkan perhitungan jam kiamat tahunan.

Jam ini berfungsi sebagai peringatan ancaman global seperti perang nuklir, teknologi berbahaya, serta masalah kesehatan massal seperti Virus Corona.

Para ahli segera memutuskan di mana jam kiamat harus diatur berdasarkan peristiwa dalam 12 bulan terakhir. Tahun lalu, jam tersebut ditempatkan 100 detik sebelum tengah malam dan masih mencetak rekor terdekat sejak 2020.

Jam kiamat berfungsi sebagai metafora untuk risiko dan bahaya di dunia. Sekelompok ilmuwan dari berbagai latar belakang setiap tahunnya akan membuat perkiraan waktu tentang seberapa dekat manusia dengan bencana, mempertimbangkan peristiwa dari tahun lalu.

Mereka menggunakan jam untuk mengilustrasikan seberapa buruk atau baik keadaan Bumi. Semakin mendekati tengah malam maka manusia semakin dianggap dalam bahaya, seperti dikutip VIVA Tekno dari laman The Sun, Jumat, 21 Januari 2022.

Jam kiamat berfungsi sebagai peringatan untuk menyelesaikan masalah dan mulai digunakan sejak 75 tahun yang lalu ini menyisakan tujuh menit hingga tengah malam.

Kemudian, pada 1953, di mana tahun itu merupakan tahun yang sangat mengkhawatirkan bagi dunia ketika jam menunjukkan hampir dua menit menjelang tengah malam.