Cara Membuat Tulisan Dicoret di WA, Bisa Gunakan Dua Cara Ini

Cara membuat tulisan dicoret di wa
Sumber :
  • NewsBeezer

VIVA – Cara membuat tulisan dicoret di WA atau WhatsApp memang menjadi suatu tips agar tulisan dalam pesanmu di ruang obrolan tidak monoton dan biasa-biasa saja. Mungkin banyak dari kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat tulisan dicoret di WA baik itu hanyha untuk sekadar mencoba maupun menggunakannya untuk menyoret tuilsan yang salah dan mengoreksinya. 

Mantan Ajudan SYL Ungkap Ada Pesan WA dari Firli ke SYL, Tapi Langsung Dihapus

Aplikasi WhatsApp merupakan salah satu kunci dalam hal aplikasi pengirim pesan secara instant. Meskipun selama bertahun-tahun, aplikasi ini bisa menyertakan panggilan suara dan panggilan video, fungsi inti dari aplikasi ini masih menekankan pada pesan teks. Namun, tidak banyak orang yang tahu tentang opsi pemformatan WhatsApp yang tersedia untuk pesan teks. Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara membuat tulisan dicoret di WA.

Salah satu fitur yang memang ditawarkan oleh aplikasi WhatsApp dan terbilang cukup menarik adalah fitur teks dimana kita dapat mengubah huruf di WhatsApp menjadi tebal (bold), miring (italic), coret (strikethrough) serta monospace. Jadi, sebenarnya tidak hanya tulisan yang dicoret saja yang bisa digunakan namun ada beberapa juga yang lainnya.

WhatsApp Mau Dibuat Semakin Pintar

Cara membuat tulisan dicoret di WA

Tulisan unik WhatsApp.

Photo :
  • Guiding Tech
Knowing Ways to Send Large Document Size on WhatsApp Easily

Tulisan yang dicoret digunakan oleh pengguna aplikasi pengirim pesan WhatsApp untuk memberitahukan kepada penerima pesan bahwa teks yang dikirim dengan format dicoret telah dihapus atau tidak diperlukan. Membuat tulisan dicoret atau disebut juga strikethrough ini bisa dilakukan dengan dua cara yakni menggunakan format WhatsApp. Cara pertama dengan menggunakan pintasan dan cara lainnya adalah dengan menggunakan  opsi pemformatan WhatsApp menggunakan simbol khusus. 

Cara membuat tulisan dicoret di WA dengan simbol khusus

Cara membuat tulisan dicoret di wa

Photo :
  • Tangkapan layar

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui bagaimana cara membuat tulisan dicoret di WA. Cara ini bisa dilakukan oleh pengguna Android dan iOS.

  • Buka aplikasi pengirim pesan WhatsApp dan buka ruang obrolan.
  • Untuk membuat tulisan dicoret di WhatsApp, kamu perlu mengawali teks dengan simbol '~' (tilde) tanpa spasi diantara simbol tilde dan teks.
  • Kemudian ketik tulisan yang akan kamu tulis dengan format coret dan kamu kirim kepada penerima pesan.
  • Setelah kamu mengetik tulisan, kamu dapat kembali melampirkan tulisan dengan simbol '~' (tilde) lain yang diletakkan setelah tulisan, tanpa spasi antara teks dan tilde yang mengikutinya.
  • Jika langkah-langkah ini kamu ikuti dengan benar, maka setelah kamu mengirim pesan, tulisan akan ditampilkan dengan pemformatan dicoret oleh penerima pesan.

Contoh: Ini adalah contoh untuk ~mencoret~ tulisan di WhatsApp

Cara membuat tuisan dicoret di WA dengan pintasan

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan bahwa cara membuat tulisan dicoret di WA pengguna harus menggunakan kode atau simbol khusus di antara kata atau di sebelum dan di sesudah kata. Sehingga banyak para pengguna aplikasi WhatsApp lainnya mencoba untuk mencari cara lain selain menggunakan simbol dan lebih mudah serta efektif. 

Hal itu dikarenakan sejumlah pengguna merasakan cara membuat tulisan dicoret di WA tersebut kurang efektif karena simbol atau kode harus mereka ingat dan hafalkan agar bisa disematkan dalam ruang obrolan. Seperti yang diketahui juga bahwa pengguna bisa membuat jenis tulisan lain selain dicoret yakni membuat tulisan tebal, miring dan monospace dengan menggunakan simbol yang. Jadi, ada banyak simbol yang harus dihafalkan oleh pengguna aplikasi WhatsApp.

Misalnya seperti pengguna aplikasi WhatsApp harus menggunakan simbol bintang (*) yang diapit diantara kata atau kalimat untuk membuat tulisan menjadi tebal. Kemudian pengguna aplikasi WhatsApp harus menggunakan simbol underscore (_) untuk membuat tulisan menjadi miring dengan mengapitnya di sebelum dan sesudah kata atau kalimat. Sementara untuk membuat tulisan dicoret di WhatsApp pengguna harus menggunakan simbol tilde (~) yang diapit di sebelum dan sesudah kata atau kalimatnya. 

Tidak mudah bagi sebagian pengguna untuk mengingat atau menghafalkan simbol-simbol tersebut untuk kemudian digunakan dalam pemformatan teks dalam ruang obrolan. Namun ternyata aplikasi WhatsApp ini menyediakan cara lain atau cara alternatif yang dapat lebih memudahkan pengguna WhatsApp dalam membuat tulisan tebal, miring, dan dicoret. 

Cara membuat tulisan dicoret di wa

Photo :
  • Tangkapan layar

Cara yang alternatif yang ditawarkan ini juga terbilang sangat mudah, pengguna hanya tinggal menekan tombol “tersembunyi” yang ada di aplikasi WhatsApp. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuat tulisan menjadi tebal, miring dan dicoret. 

  • Buka aplikasi pengirim pesan WhatsApp dan buka ruang obrolan. 
  • Selanjutnya, ketik tulisan yang ingin dibuat menjadi tulisan dengan format khusus. 
  • Setelah tulisan sudah diketik, bagian kata atau kalimat dalam tulisan yang ingin diubah menjadi tulisan tebal, miring dicoret dan monospace tersebut diblok. 
  • Cara untuk mengeblok kata atau kalimat yang akan kamu buat menjadi dicoret cukup disentuh dan ditahan dengan agak lama. Kemudian, sebuah pop-up menu akan muncul di sisi atas tulisan yang sudah diblok.
  • Lalu kamu bisa mengklik ikon titik tiga di ujung kanan yang berbentuk vertikall.
  • Setelah diklik akan muncul opsi untuk huruf tebal, miring, coret dan monospace.
  • Untuk membuat tulisan menjadi dicoret kamu dapat mengklik format format yang bernama stikerthrough atau tilde.

Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan format kata atau kalimat yang ditulis akan berubah sesuai pilihan opsi yang dipilih. 

Ada sedikit catatan untuk pembaca bahwa tidak semua perangkat ponsel dapat menggunakan cara membuat tulisan menjadi tebal, miring, dicoret dan monospace ini. Bila perangkat ponsel yang kamu gunakan belum biasa untuk membuat tulisan di WhatsApp menjadi tebal, miring, dicoret ataupun monospace maka kamu bisa menggunakan cara awal yakni dengan menggunakan simbol khusus yang disisipkan pada kata atau kalimat. 

Itulah cara membuat tulisan dicoret di WA yang terdiri dari dua cara yakni dengan menggunakan simbol atau kode khusus dan dengan menggunakan pintasan. Perlu diingat bahwa tak hanya dapat membuat tulisan menjadi dicoret saja tapi ada juga cara untuk membuat tulisan menjadi tebal, mirin dan monospace yang selengkapnya dapat kamu baca di laman Viva.co.id. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membacanya dan kamu yang mencoba cara ini berhasil. 

WhatsApp.

WhatsApp Punya Fitur Menemukan Pesan dengan Cepat

WhatsApp, aplikasi pesan instan milik Meta, meluncurkan Filter Chat agar pengguna dapat menemukan pesan tanpa harus menelusuri seluruh kotak masuk.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024