Profil Dr Michiaki Takahashi, Ilmuwan Jepang Penemu Vaksin Cacar

Dr Michiaki Takahashi.
Sumber :
  • aljazeera.com

VIVA – Ilmuwan Jepang Michiaki Takahashi, yang terkenal dengan pengembangan vaksin varicella, memperingati ulang tahunnya yang ke-94 tahun pada 17 Februari 2022. Takahashi, yang meninggal dunia pada 2013, juga dikenal karena penelitiannya tentang vaksin campak dan polio. Kemarin, Google mengubah logonya di 13 negara menjadi doodle, atau ilustrasi, untuk menghormatinya. Berikut profil Dr Michiaki Takahashi dikutip dari contagionlive.com.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Profil Dr Michiaki Takahashi

Takahashi lahir di Higashisumiyoshi-ku, Osaka, Jepang, pada tanggal 17 Februari 1928. Pada tahun 1954, ia memperoleh gelar MD dari Osaka University Medical School, dan menyelesaikan gelar sarjana kedokteran poxvirus virology pada tahun 1959. Takashi datang ke AS untuk belajar di Baylor College of Medicine dan Fels Research Institute of Temple University dari tahun 1963-1965.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Awal Mula Penemuan Vaksin Cacar Air

Takahashi tertarik mengembangkan obat setelah putranya, Teruyuki, terinfeksi virus varicella zoster penyebab cacar air. Dalam sebuah wawancara hampir 50 tahun kemudian, Takahashi mencatat putranya yang berusia 3 tahun telah melakukan kontak dengan seorang gadis yang memiliki "ruam seperti lepuh" di kepalanya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Takahashi mengenali gejala virus varicella zoster (VZV) dan tahu tidak ada pengobatan. Tak lama setelah itu, putranya mengalami gejala parah, termasuk demam tinggi dan vesikel di sekujur tubuhnya. Takashi ingat dia dan istrinya harus mengawasi putranya sepanjang hari dan malam karena kondisinya memburuk dengan cepat dan dia kesulitan bernapas.

Meskipun putranya akhirnya sembuh, Takahashi memiliki kesadaran baru tentang varicella, yang pada saat itu dianggap hanya menyebabkan penyakit "ringan". Saat belajar di AS, Takahashi mulai bekerja mengembangkan vaksin cacar air pada tahun 1971.
Takahashi mengembangkan vaksin cacar air “Oka” dengan memproduksi strain virus varicella zoster yang hidup, tetapi dilemahkan. Takahashi menggunakan VZV dari cairan vesicula seorang anak dengan kasus cacar air yang khas, yang nama keluarganya adalah Oka.

Takahashi mengembangkan virus strain v-Oka pada jaringan hewan dan manusia dan bekerja bersama Merck, Sharp & Dohme untuk mengembangkan produk akhir. Penelitian vaksin yang sulit diselesaikan pada tahun 1973, dan disertifikasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai vaksin cacar air yang paling efektif pada tahun 1984.

Vaksin tersebut diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) pada tahun 1990 dan disetujui untuk digunakan pada tahun 1995. Saat ini, vaksin tersebut tersedia di AS dengan nama dagang Varivax. Jika diberikan dalam waktu 5 hari setelah terpapar cacar air, vaksin dapat mencegah sebagian besar kasus penyakit.

Cacar air menyebabkan rata-rata 4 juta infeksi di AS hingga awal 1990-an. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) memperkirakan vaksin cacar air mencegah lebih dari 3,5 juta infeksi, 9.000 rawat inap, dan 100 kematian setiap tahun.
VZV memasuki tubuh melalui sistem pernapasan, inkubasi selama rata-rata 14 hari sebelum menargetkan kulit dan saraf perifer. Virus ini paling menular dalam 1-2 hari sebelum ruam muncul.

Selain menyebabkan 250-500 lepuh gatal di seluruh tubuh, infeksi virus varicella zoster dapat menyebabkan ensefalitis, pneumonia, atau bronkitis. Bahkan setelah gejala klinis cacar air telah hilang, VZV tetap tidak aktif dalam sistem saraf.
Vaksin cacar air meletakkan dasar untuk inokulasi lain juga, seperti herpes zoster. Pada sekitar 1 dari 3 orang yang terkena cacar air, virus ini akan aktif kembali di kemudian hari untuk menghasilkan herpes zoster (herpes zoster).

CDC merekomendasikan setidaknya 1 dosis vaksin untuk anak-anak berusia antara 12-15 bulan, meskipun 2 dosis dianggap lebih efektif. Pada tahun 2006, Komite Penasihat CDC tentang Praktik Imunisasi (ACIP) merekomendasikan semua anak menerima dosis kedua vaksin sebelum masuk sekolah untuk mempertahankan tingkat kekebalan yang tinggi.

Khususnya, jika setidaknya 80% populasi tidak divaksinasi cacar air, WHO mengatakan lebih banyak orang dapat mengembangkan virus pada usia yang lebih tua dan memiliki hasil yang lebih buruk. Setelah 80% atau lebih dari populasi divaksinasi, bagaimanapun, orang yang tidak divaksinasi akan menuai manfaat dari kekebalan kelompok. Perkiraan saat ini menempatkan AS di sekitar 90% cakupan vaksinasi pada populasi yang direkomendasikan.

Menerima vaksin sangat penting, karena meskipun infeksi tidak fatal, setiap kasus cacar air menempatkan beban yang tidak semestinya pada staf dan fasilitas kesehatan. CDC mencatat bahwa kebanyakan orang dewasa sehat yang meninggal karena cacar air tertular virus dari anak-anak mereka yang tidak divaksinasi.

Dr Michiaki Takahashi meninggal dunia

Pada 16 Desember 2013, Takahashi meninggal pada usia 85 tahun di Osaka, dengan gagal jantung dilaporkan sebagai penyebab kematiannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya