Apa Itu VPN? Ketahui Manfaat, Bahaya dan Rekomendasi Aplikasinya

Ilustrasi VPN.
Sumber :
  • Twitter/@htvirtualsol

VIVA – Apa itu VPN mungkin menjadi pertanyaan untuk kamu yang baru mendengar kata itu secara samar-samar.

Ribuan Personel Tim Serpo Siaga Demi Kelancaran Akses Jaringan Telekomunikasi Selama Libur Lebaran

Padahal, dulunya VPN atau Virtual Private Network merupakan alat yang dibuat dengan tujuan untuk mengoneksikan jaringan antar gedung perkantoran secara aman dan bisa memakai jaringan kantor dari rumah atau tempat yang lain.

Sementara saat ini sudah banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Tujuannya adalah untuk memperoleh koneksi ke internet secara aman, pribadi, dan bisa mengakses secara remote

Membuka Peluang Baru, Workshop Daring Maluku-Papua untuk Pendidikan Digital

Selain itu, VPN juga menjadi teknologi yang dapat menutupi alamat protokol internet (IP) sehingga tindakan secara online hampir tidak dapat dilacak.

Apa itu VPN dikatakan sebagai tunneling yang ada di dalam jaringan. Fungsinya adalah membuat jalur koneksi secara rahasia dengan memanfaatkan struktur jaringan lain.

Ada yang Baru dari IndiHome

Bila VPN dipakai dari sumber yang terpercaya, maka akan memberikan manfaat dalam menjaga privasi dengan baik. Nah, untuk kamu yang penasaran dan sering bertanya apa itu VPN, simak ulasannya berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno

Apa Itu VPN?

VPN (Virtual Private Networking)

Photo :
  • U-Report

VPN atau Virtual Private Network ini merupakan layanan koneksi yang akan memberikan kamu akses ke seluruh website secara aman dan pribadi dengan cara mengubah jalur koneksi lewat server dan menyembunyikan pertukaran data yang terjadi. Sederhananya, VPN akan menghubungkan ponsel, tablet, PC ke komputer yang lain di sebuah tempat yang terhubung internet. 

Kemudian kamu akan diizinkan untuk menjelajahi internet dengan memakai jaringan komputer. Jadi bila komputer berada di negara berbeda, itu akan menjadi negara yang kamu pakai saat internet mencoba mengenal kamu lewat koneksi tersebut dan kamu akan mengakses sesuatu yang sebenarnya tidak dapat di akses di negara kamu. 

Manfaat VPN

VPN.

Photo :
  • U-Report

1. Remote Access

Terdapat beberapa manfaat yang akan didapatkan bila memakai VPN, seperti melakukan remote access. Remote access akan mengizinkan kamu untuk mengakses internet dengan memakai jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung dengan internet. Jadi, walaupun kamu memakai jaringan luar, saat memakai VPN akan dikenali internet memakai jaringan kantor.

2. ByPass

Kamu juga bisa melewati pembatasan geografi kepada situs streaming atau video. Misalnya sudah dilarang oleh pemerintah untuk mengakses situs tersebut karena dianggap membahayakan, pornografi, dan lain sebagainya. 

3. Pengamanan Data di Jaringan Publik

Manfaat VPN berikutnya adalah untuk melindungi pertukaran data yang kamu lakukan dari WIFI atau jaringan yang tidak bisa dipercaya. Ini akan membantu saat memakai jaringan publik di kafe, bar, dan sejenisnya. 

4. Data Dienkripsi

Ketika memproses pertukaran data antara kamu dengan web aplikasi online, data kamu akan dienkripsi. Jadi, walaupun ada seseorang yang melihat apa yang komputer kirimkan, mereka hanya akan melihat informasi yang sudah dienkripsi, bukan data mentah saja. 

5. Mengamankan Informasi Pribadi

VPN akan menyembunyikan lokasi kamu secara realtime atau secara langsung. Jadi, tidak sembarangan orang bisa mengetahui lokasi kamu ketika tengah mengakses suatu internet. Umumnya, lokasi akan terdeteksi di mana server VPN kamu berada. 

Keamanan VPN

Ilustrasi VPN.

Photo :
  • Twitter/@htvirtualsol

1. Firewall

Firewall akan menyediakan penghalang antara jaringan lokal dengan internet. Dalam firewall ini akan ditentukan port mana yang dapat dibuka, paket apa saja yang boleh melewati firewall, dan protokol apa saja yang diperbolehkan. 

2. Enkripsi

Enkripsi adalah metode yang biasa dipakai untuk mengamankan data. Informasi akan diacak sedemikian rupa sehingga akan susah dibaca oleh orang lain. Secara umum terdapat dua metode enkripsi. Pertama, Symmetric-key encryption yang masing-masing komputer pengirim dan penerima harus mempunyai kunci yang sama. 

Kedua, Public-key encryption adalah komputer pengirim yang akan memakai public key milik komputer penerima untuk melakukan enkripsi. Setelah informasi dikirim, maka proses deskripsi bisa dilakukan dengan memakai private key komputer penerima. 

3. IPSec

IPSec akan menyediakan fitur keamanan yang lebih baik. Mulai dari algoritma enkripsi yang lebih baik dan komprehensif. IPSec memakai dua buah metode enkripsi yaitu tunnel untuk melakukan enkripsi pada header dan payload masing-masing paket. Kemudian transport yang hanya melakukan enkripsi payload masing-masing paket. 

Bahaya Menggunakan VPN Gratis

VPN

Photo :

1. Mengancam Keamanan Perangkat

Kemudian untuk bahaya menggunakan VPN gratis adalah dapat mengancam keamanan dari perangkat kamu. Walaupun sebenarnya fungsi utama VPN adalah untuk melindungi akses internet pengguna dari risiko peretasan. Akan tetapi, menurut studi terbarunya justru banyak mempunyai aplikasi VPN gratis yang sudah terinfeksi malware. 

2. Serangan Iklan

Konsekuensi bahaya VPN gratis merupakan pengguna yang tentunya akan dibanjiri dengan iklan. Hal ini memang sering mengganggu pengguna dan kerap membuat bingung. Akan tetapi, kehadiran iklan ini bukan sekadar mengganggu, karena iklan untuk pengguna VPN gratis ini dapat mengarahkan pada situs-situs berbahaya yang didalamnya ada peretas. 

3. Membatasi Kuota Internet

Kemudian, bahaya VPN gratis berikutnya adalah pihak penyedia yang membatasi jumlah kuota saat perangkat kamu terhubung dengan internet. Maka dari itu, pengguna hanya bisa mengakses internet dengan VPN memakai kuota tertentu, misalnya hanya sebesar 2 GB. 

4. Aktivitas Pengguna Akan Dipantau

Bahaya menggunakan VPN gratis berikutnya adalah aktivitas online dari perangkat yang terpasang dapat terpantau. Hal ini menurut sebuah studi yang mengatakan bahwa 72 persen aplikasi VPN ternyata di dalamnya ada pelacak pihak ketiga. 

5. Serangan Man In the Middle

Bahaya menggunakan VPN gratis adalah memiliki risiko serangan Man In the Middle yang merupakan serangan ke sistem komputer yang saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Metode dari serangan peretas ini cukup mematikan karena peretas ada di tengah jalur komunikasi. 

Aplikasi VPN yang Aman

Free WiFi Passwords, Offline maps & VPN. WiFi Map®

Free WiFi Passwords, Offline maps & VPN. WiFi Map®

Photo :
  • Tangkapan Layar

1. VPN Master

Untuk kamu yang sudah memahami tentang apa itu VPN, cobalah gunakan aplikasi VPN Master karena cukup aman. Aplikasi ini menawarkan layanan VPN tanpa batas kuota, memeriksa seberapa aman sebuah jaringan WIFI, mencegah pelacakan iklan, dan fitur umum yang lain. 

VPN Master juga sudah menyediakan banyak IP Adress yang diklaim lebih cepat, tetapi pengguna perlu upgrade aplikasi ini ke versi VIP dengan membayar sejumlah uang. Adapun untuk lokasi virtual yang dapat dinikmati secara gratis adalah AS, Belanda, India, Singapura, Inggris, dan Kanada. 

2. Turbo VPN

Berikutnya adalah Turbo VPN yang mempunyai lokasi virtual di Amerika Serikat, Belanda, India, Kanada, dan Inggris. Aplikasi ini juga tidak menetapkan batas kuota dan memberikan pengamanan ekstra untuk pemakaian akses internet lewat layanan mereka. 

3. Opera VPN

Opera memang dikenal sebagai pembuat browser fenomenal Opera Mini. Perusahaan yang bermarkas di Norwegia ini lewat aplikasi Opera VPN menawarkan sejumlah lokasi virtual yang bisa dipilih oleh pengguna, yaitu Amerika Serikat, Belanda, Inggris, Jerman, dan Singapura. Fitur lainnya adalah tidak terbatas kuota, keamanan jaringan WIFI, blokir pelacakan iklan, dan lain sebagainya. 

Dirut PLN Pastikan Kesiapan Sistem Kelistrikan Jawa-Madura-Bali Untuk Layani Leb

Dirut PLN Pastikan Kesiapan Sistem Kelistrikan Jawa-Madura-Bali Untuk Layani Lebaran

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo melakukan pengecekan kondisi jaringan transmisi dan distribusi kelistrikan di Pedan di Klaten, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024