5 Cara Aktivasi Windows 10, Sangat Praktis!

Windows 10.
Sumber :
  • www.pixabay.com/ArtificialOG

VIVA – Cara aktivasi Windows 10 memiliki beragam pilihan yang bisa Anda gunakan. Sebelum mengaktivasinya,  baiknya kamu menginstal lebih dulu salah satu program komputer ini, Windows 10. Ingat para pengguna harus instal Windows 10 yang asli. Windows 10 sendiri merupakan salah satu program komputer yang dibesut oleh Microsoft

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Windows 10 juga merupakan sebuah versi baru yang terdapat dalam sistem pengoperasian Windows untuk PC/Laptop. Windows 10 tentunya memiliki versi yang berbeda dari sebelumnya.  Tak heran, jika sistem operasi PC satu ini kini begitu banyak digunakan oleh masyarakat luas. 

Tentu saja hal tersebut menjadi bukti, betapa hebatnya Microsoft telah membuat sistem operasi komputer berupa Windows 10. Sistem operasi Windows 10 ini dirilis pertama kali pada 29 Juli 2015 dan merupakan generasi penerus dari Windows 8.1 yang sudah muncul lebih dulu pada dua tahun sebelumnya.

Bos Apple dan Microsoft Mau Sowan ke Jokowi

Cara Mengatasi Speaker Tidak Mengeluarkan Suara Pada Windows 10

Photo :
  • U-Report

Tidak dipungkiri kini hampir jutaan orang mungkin bisa lebih, yang memilih untuk menggunakan sistem operasi komputer Windows 10 ini. Tentu saja ada beberapa faktor yang membuat banyak masyarakat luas tertarik menggunakan Windows 10. Beberapa di antaranya yaitu, Windows 10 jauh lebih memiliki fitur-fitur keren, super canggih dan pastinya jauh lebih fresh dan oke.

Microsoft Rekrut Tokoh Muslim yang 'Drop Out' dari Oxford

Program komputer satu ini tentunya sangat aman untuk digunakan berbagai aplikasi, fitur, opsi kemananan yang pastinya bisa disesuaikan untuk komputer, dan laptop Anda. Melansir dari Windowscentral.com, pihak perusahaan rupanya telah membuat sebuah kebijakan agar memperingan para pengguna yang ingin menggunakan sistem komputer Windows 10

Di mana, pengguna bisa dengan mudah melakukan upgrade ke Windows 10 secara gratis, tapi dengan syarat kalian harus lebih dulu memiliki lisensi Windows 7 dan 8. Selain itu, keuntungan lainnya yang diberikan oleh pihak perusahaan Microsoft yaitu dibuatnya Windows 10 versi demo yang bisa digunakan tanpa dipungut biaya sedikit pun.

Meskipun ada beberapa fitur pada Windows 10 yang tidak bisa digunakan, namun untuk versi terbaru kali ini nyatanya bisa beroperasi dengan baik dan cepat. Dan berikut ini terdapat panduan untuk mengaktivasi Windows 10 pada laptop/PC kesayngan Anda.

Pertama-tama Anda harus lebih dulu melakukan instal pada versi terbaru Windows 10 ini.  Setelah sudah selesai mengaktivkannya, barulah Anda beralih ke dalam proses aktivasi sistem komputer Windows 10. Sedikit ada catatan, jika ada pengguna yang tidak tepat waktu sesuai jangka waktu yang diberikan dalam melakukan aktivasi, maka Anda tidak dapat lagi menggunakan sistem tersebut hingga diaktifkan.

Lantas, bagaimana cara mengaktivasi Windows 10 ini? Apakah sulit melakukannya? Nah berikut ini terdapat beberapa penjelasan secara detail perihal proses mengaktivasi Windows 10, yang dilansir dari microsoft.com dan sumber lainnya.

Windows Update.

Photo :
  • U-Report

1. Pengecekkan Status Aktivsasi

Nah ini dia penting untuk dilakukan sebelum melakukan cara aktivasi Windows 10 pada PC dan laptop Anda. Sebelum melakukan proses aktivasi Windows 10, lebih dulu kamu harus melakukan pengecekkan pada sistem komputer ini. 

Apakah sudah diaktivasi dan terhubung dengan akun Microsoft atau belum? Jika belum jadi nanti akan kelihatan dan segeralah untuk mengaktivasikannya.  Dan berikut ini terdapat langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengecek status aktivasi Windows Anda.

1. Pertam-tama klik pada kanan tombol starta, kemudian pilih ikon "Settings" dari daftar yang terlihat. Saat muncul tampilan, kemudian klik "Update & Security". 

2. Pada halaman berikutnya, pilih "Activation" dari kolom kiri. Di panel kanan nantinya akan tampil detail versi, dan status aktivasi. Ketika Windows diaktifkan, maka akan muncul "Windows is activated".

Namun sebaliknya jika kamu mendapati tulisan "Windows is not activated" berarti Windows 10 pada laptop Anda belum diaktivasi.   Dan dianjurkan untuk Anda yang mendapati tulisan tersebut, untuk segera membeli lisensi Windows 10 untuk mengaktivasikannya.

Metode Aktivasi Windows 10

Windows 10

Photo :
  • U-Report

Langkah berikut ini adalah melakukan metode aktivasi Windows 10. Maka  yang dibutuhkan hanya lisensi digital yang terdiri dari 25 karakter. Tanpa hal tersebut Anda akan kesulitan untuk melakukan proses aktivasi.Nah, Anda juga jangan khawatir karena Anda juga bisa dapatkan produk key pada kemasan disk Windows 10 saat membelinya. Sedangkan, jika Anda membelinya via online maka akan dikirim melalui email.

Proses Aktivasi Windows 10

Dan berikut ini terdapat beberapa cara aktivasi Windows 10 yang bisa digunakan.

A. Aktivasi Windows 10 dengan Kunci Produk

Cara mengaktivasi Windows 10 paling sederhana itu menggunakan kunci produk. Sebenarnya untuk mengaktivasi Anda hanya perlu lisensi digital atau kunci produknya saja. 

Berikut langkah-langkahnya:

 - Tekan tombol Windows, buka. Settings > Update and Security > Activation. 

- Tekan tombol "Change Product Key". Masukkan kunci produk Anda ke dalam kotak pop-up dan tekan "Next". 

-Setelah itu tekan "Activate".

B. Aktivasi Windows 10 dengan Lisensi Digital

Cara aktivasi Windows 10 lainnya yaitu dengan menggunakan lisensi digital. Ada pun cara yang bisa dilakukan sebagai berikut:

- Ketika hendak memulai aktivasi, maka pilih dulu opsi "Sata tidak miliki kunci produk".
- Kemudian masuklah ke Windows 10 dengan akun Microsoft Anda. 
- Windows 10 akan secara otomatis diaktifkan pada saat ini juga. 

Jika telah membuat perubahan perangkat keras, ikuti langkah-langkah berikut: 

- Tekan tombol Windows, lalu buka Pengaturan > Perbarui dan Keamanan > Aktivasi. 
- Jika Windows tidak diaktifkan, maka cari dan tekan 'Troubleshoot'. kemudian pilih "Aktifkan Windows" di jendela baru dan kemudian "Aktifkan". 
- Atau, pilih "Saya mengubah perangkat keras pada perangkat ini baru-baru ini". 
- Jika Anda mendapatkan perintah masuk, maka ikuti saja perintah tersebut caranya cukup dengan menggunakan akun Microsoft yang ditautkan ke lisensi digital Anda. 
- Pilih perangkat yang Anda gunakan dan centang 'Ini adalah perangkat yang saya gunakan sekarang' di sebelahnya. 
-Tekan "Aktifkan". Selesai, Windows 10 Anda akan diaktifkan.

C. Aktivasi Windows 10 dengan KMSpico

Untuk cara mengaktivasi Windows 10 selanjutnya yaitu dengan menggunakan KMSpico. KMSpico merupakan salah satu woftware Windows yang paling populer. Sudah banyak pengguna yang akhirnya berhasil mengaktifkan Windows dengan menggunakan perangkat satu ini.

Cara ini bisa kamu lakukan untuk mengaktivasi Windows 10 edisi Home, Pro, maupun Enterprise. Berikut langkah-langkahnya:

- Matikan program antivirus Anda selama lima menit. 
- Unduh KMSpico 10 Final untuk Windows. Buka file yang terkompresi menggunakan Winrar. - Buka KMSpico dan kemudian instal. Jalankan KMseldi.exe dan klik Tombol Merah. 
-Setelah selesai, KMSpico telah mengaktivasi Windows 10

D. Aktivasi Windows 10 dengan Command Prompt (CMD)

Cara aktivasi Windows 10 lainnya tanpa perlu memiliki product key adalah dengan menggunakan Command Prompt atau CMD.

Langkah-langkahnya:

- Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk membuka kotak Windows Run. Ketik cmd, dan tekan Ctrl + Shift + Enter untuk membuka dan menjalankan Windows Command Prompt sebagai administrator.
- Setelah masuk ke Command Prompt Windows 10, ketik slmgr.vbs /upk pada Command Prompt. Tekan Enter untuk menjalankan perintahnya.                   - Selanjutnya ketik slmgr /ipk dan masukkan kode berikut ini: 

 Home: TX9XD-98N7V-6WMQ6-BX7FG-H8Q99

- Home Country Specific: PVMJN-6DFY6-9CCP6-7BKTT-D3WVR

- Home Single Language: 7HNRX-D7KGG-3K4RQ-4WPJ4-YTDFH

- Home N: 3KHY7-WNT83-DGQKR-F7HPR-844BM

- Education: NW6C2-QMPVW-D7KKK-3GKT6-VCFB2

- Education N: 2WH4N-8QGBV-H22JP-CT43Q-MDWWJ

- Pro: W269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX

- Pro N: MH37W-N47XK-V7XM9-C7227-GCQG9

f. Setelah berhasil akan muncul keterangan Installer product key successfully, klik Ok.

g. Terakhir, ketik perintah slmgr /ato, klik Enter. Setelah aktivasi sukses akan muncul keterangan Product activated successfully, lalu klik Ok.

E. Aktivasi dengan Microsoft Toolkit

Cara mengaktivasi Windows 10 paling mudah adalah dengan menggunakan Microsoft Toolkit.

-Pertama-tama nonaktifkan antivirus lebih dulu pada perangkat  Anda. 
- Untuk menonaktifkan buka Windows Defender > Pengaturan > Turn the real-time protection off. 
- Unduh Microsoft Toolkit. 
- Kemudian install Microsoft Toolkit lalu jalankan sebagai Administrator. - Pilih ikon Windows dari kanan. Buka tab product keys dan kemudian klik "Check System".       - Setelah itu, pilih Windows 10 dari drop-down dan pilih edisi Windows yang Anda inginkan. 
- Dari kanan, klik tombol "Install".   - Buka tab Aktivasi dan pilih EZ-activator dari sana. Setelah sudah melakukan cara di atas, tunggu beberapa saat hingga proses aktivasi selesai.

Itulah tadi sederet cara aktivasi Windows 10 yang bisa kita gunakan dengan berbagai macam pilihan.   Tentunya dengan mengaktivasikan Windows 10 memberikan banyak manfaat bagi para pengguna.

Menkominfo, Budi Arie Setiadi usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu CEO Apple

Menkominfo Pastikan Bos Microsoft Bertemu Jokowi pada 30 April

Menkominfo RI Budi Arie Setiadi memastikan CEO Microsoft Satya Nadella bakal menemui Presiden Jokowi pada bulan ini.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024