Selain Islam, 5 Agama di Dunia Melaksanakan Ibadah Puasa

Ilustrasi puasa.
Ilustrasi puasa.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ibadah puasa adalah salah bagian dari ibadah yang dipenuhi dengan keberkahan dan kekhidmatan. Berbagai hal yang positif akan senantiasa dirasakan oleh umat yang menjalankannya dengan ikhlas. Seperti hubungan yang semakin dekat dengan Tuhan sampai aspek rohani yang lainnya. Setidaknya hal-hal tersebutlah yang kerap dirasakan oleh umat Islam saat mereka menjalankan ibadah puasa setiap tahunnya.

Namun, berpuasa ini bukan hanya dimiliki oleh umat Islam saja. Surat Al Baqarah ayat 183 mengatakan bahwa puasa bukanlah ibadah yang muncul sejak zaman Rasulullah SAW, tapi sudah ada sejak era pra-Islam. Nah, apakah kamu mengetahui bahwa selain Islam, ternyata ibadah puasa juga dijalankan oleh beberapa agama, berikut ulasan selengkapnya yang disadur dari berbagai sumber:

1. Kristen Protestan dan Katolik

Perayaan Paskah di Cathedral of St. Paul in St. Paul, Minn, Amerika Serikat.

Perayaan Paskah di Cathedral of St. Paul in St. Paul, Minn, Amerika Serikat.

Photo :
  • AP Photo/Giovanna Dell

Sebagaimana yang diketahui bahwa agama Kristen yang diakui di Indonesia terbagi atas Katolik dan Protestan. Masing-masing agama ini mempunyai kesamaan yaitu menyembah Tuhan Yesus Kristus sebagai Juruselamat. Begitu pula dengan ibadah puasa yang kerap dilaksanakan. Tapi, tetap ada perbedaan cara dalam melaksanakan ibadah puasa tersebut.

Menyadur dari IKatolik, umat Kristen Katolik yang berusia 18 tahun sampai awal 60 tahun wajib untuk melaksanakan ibadah puasa pra-Paskah dan pantang selama 40 hari pada Rabu Abu sampai Jumat Agung. Khusus untuk puasa, umat Katolik hanya diperbolehkan untuk makan kenyang sekali sehari. Sementara berpantang diharuskan bagi umat yang berusia 14 tahun ke atas untuk menghindari makanan yang paling disukai. 

Sementara untuk agama Kristen Protestan yang disadur dari SinodeGKI, puasa adalah ibadah sukarela yang tidak wajib atau menurut kebutuhan pribadi. Tapi, beberapa gereja menetapkan sebagai ibadah rutin dengan aturan sesuai Firman Tuhan. Nah, masing-masing ibadah puasa yang dijalankan oleh umat Protestan atau Katolik tampak berbeda. Tapi, tujuan utamanya tetap untuk memuliakan nama Tuhan Yesus yang diyakini menahan hawa nafsu dan kedagingan.