10 Senjata Paling Kuat di Dunia yang Bisa Memancing Kiamat

Senjata nuklir.
Sumber :
  • http://www.artileri.org/

VIVA – Senjata paling kuat di dunia didefinisikan sebagai sebuah alat yang dipakai untuk menghancurkan dan melumpuhkan kekuatan musuh. Sehingga senjata ini dipakai pada masa perang, tapi juga kerap dipakai oleh pasukan militer sebagai tindakan pencegahan dan represif. Biasanya akan dipakai saat dalam pelatihan menembak dan dalam kondisi membela diri. Tapi sayang, mereka bisa disalahgunakan. 

Kapan Bumi Kiamat?

Sama dengan beberapa hal yang lain, senjata juga sudah berubah dan berkembang sepanjang waktu. Bentuk senjata pertama yang dipercaya sudah digunakan manusia untuk berburu atau membela diri adalah batu tak berbentuk dan tombak kayu. Karena memiliki kekurangan, jarak pendek, dan ketidaktepatan, manusia datang dengan ide mengasah batu dan membuatnya menjadi semakin berbahaya. 

Nah, menyadur dari laman Insider Monkey, berikut adalah senjata paling mematikan di dunia yang kerap digunakan dalam berperang. 

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

10. Senjata kimia – Virus Chimera

Personel militer dari unit senjata kimia.

Photo :
  • post.parliament.uk
Viral Penampakan Minimarket Warung Madura: Tutup Kalau Sudah Kiamat

Virus Chimera menempati urutan ke-10 dalam daftar senjata paling kuat di dunia. Dalam Mitologi kuno, chimera adalah hewan yang terbentuk dari bagian-bagian hewan yang berbeda, seperti hippogriff atau griffin, yang menggambarkan virus. Virus chimera didefinisikan oleh Center for Veterinary Biologics sebagai mikroorganisme hibrida baru. 

Virus ini dibuat dengan menggabungkan fragmen asam nukleat dari dua atau lebih mikroorganisme yang berbeda di mana masing-masing dari setidaknya dua fragmen mengandung gen esensial yang diperlukan untuk replikasi.

Menggabungkan dua virus patogen meningkatkan kematian virus baru itulah sebabnya ada kasus ketika virus chimeric telah dipertimbangkan untuk digunakan sebagai senjata biologis. Misalnya, Proyek Chimera Uni Soviet berusaha menggabungkan DNA dari ensefalitis kuda Venezuela, cacar, dan virus Ebola pada akhir 1980-an.

9. Rudal Agni

VIVA Militer: Rudal nuklir antarbenua India, Agni-VI

Photo :
  • Sputnik News

Rudal Agni India menempati urutan ke-9 dalam daftar senjata paling kuat di dunia. Rudal Agni adalah keluarga rudal balistik jarak menengah hingga antarbenua yang dikembangkan oleh India, dinamai salah satu dari lima elemen alam, Api. Rudal Agni jarak jauh, senjata nuklir mampu menembus ke permukaan rudal balistik.

8. Trisula II D5 SLBM

Ilustrasi drone yang dilengkapi senjata rudal.

Photo :
  • LinkedIn

Rudal Trident adalah rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM). Awalnya dikembangkan oleh Lockheed Missiles and Space Corporation. Senjata paling kuat di dunia ini dipersenjatai dengan hulu ledak termonuklir dan diluncurkan dari kapal selam rudal balistik bertenaga nuklir. 

Rudal trisula dibawa oleh empat belas kapal selam kelas Ohio Angkatan Laut Amerika Serikat, dengan hulu ledak Amerika, serta empat kapal selam kelas Vanguard Angkatan Laut Kerajaan, dengan hulu ledak Inggris. Rudal ini dinamai trisula mitologis Neptunus.

7. ICBM

VIVA Militer: Rudal balistik antarbenua China, Dongfeng DF-41

Photo :
  • Military Watch Magazine

Rudal balistik antarbenua (ICBM) adalah rudal dengan jangkauan minimum 5.500 kilometer yang dirancang untuk pengiriman senjata nuklir. Itu diarahkan ke sasaran. ICBM memiliki kemampuan diluncurkan dari pesawat terbang, kapal selam, silo rudal, dan kendaraan. 

Mereka menjadi bagian integral dari doktrin MAD karena senjata ini memungkinkan fleksibilitas yang memungkinkan negara untuk menyerang balik dan menghancurkan musuh. Itu pada dasarnya menjamin serangan kedua pada musuh. 

Sebagian besar desain modern mendukung beberapa kendaraan masuk kembali yang dapat ditargetkan secara independen (MIRV), memungkinkan satu rudal membawa beberapa hulu ledak, yang masing-masing dapat menyerang target yang berbeda. Rusia, Amerika Serikat, Cina, Prancis, India, Inggris, dan Korea Utara adalah negara yang memiliki ICBM.

6. MOAB

VIVA Militer: Ledakan bom di Aleppo, Suriah

Photo :
  • Zaman al-Wasl

GBU-43/B Massive Ordnance Air Blast (MOAB, umumnya dikenal sebagai "Mother of All Bombs") adalah bom hasil besar, yang pada saat pengembangan dikatakan sebagai senjata non-nuklir paling kuat di Amerika. Ini dikembangkan oleh Albert L. Weimorts. Bahan peledak dengan berat 9 ton dimaksudkan untuk menghancurkan bunker dan instalasi bawah tanah. 

Di gudang Pentagon, itu adalah bom konvensional paling kuat yang bekerja berdasarkan prinsip vakum, sehingga muatan ledakan hanya menghisap oksigen, menyalakan awan dan bekerja pada semua benda di tanah dan di bawah tanah, dengan gelombang kejut dan tinggi suhu.

5. FOAB

VIVA Militer: Pesawat pembom strategis Angkatan Udara Rusia, Tupolev Tu-160

Photo :
  • DefPost

Bom Termobarik Penerbangan Peningkatan Daya, dijuluki "Bapak Semua Bom" (FOAB) adalah senjata termobarik yang dikirim oleh pengebom rancangan Rusia. Beratnya 7.1 ton, dan dijatuhkan pada uji coba oleh pengebom strategis “Tu-160”. Jenderal Alexander Rukshin, Wakil Kepala Staf Angkatan Bersenjata Rusia, mengatakan bahwa itu adalah bom vakum terkuat di dunia. 

Kemudian hasil pengujian senjata itu menunjukkan bahwa efisiensi dan kekuatannya sesuai dengan senjata nuklir, tetapi penggunaan senjata ini tidak mencemari lingkungan. Senjata termobarik tidak manusiawi dalam konteks fakta bahwa semua orang yang akan berada di zona aksi bom semacam itu pertama-tama akan mati lemas, karena kekurangan oksigen, dan kemudian mereka akan dihancurkan oleh gelombang kejut dan dibakar pada suhu tinggi. 

4. Bom Nuklir B53

VIVA Militer: Ilustrasi ledakan senjata nuklir

Photo :
  • The Conversation

Mk/B53 adalah senjata termonuklir penghancur bunker hasil tinggi yang dikembangkan oleh Amerika Serikat selama Perang Dingin dengan hasil 9 megaton, yang menghasilkan bola api dengan perkiraan diameter 2,9 hingga 3,4 mil dan panas yang terpancar menyebabkan luka bakar yang mematikan. 

Senjata ini tidak lagi digunakan secara aktif. Produsen bom ini adalah Komisi Energi Atom Amerika Serikat, umumnya dikenal sebagai AEC. Itu adalah badan pemerintah Amerika Serikat yang didirikan setelah Perang Dunia II oleh Kongres AS untuk mendorong dan mengendalikan perkembangan ilmu dan teknologi atom di masa damai.

3. Little Boy and Fat Man

VIVA Militer: Ledakan bom atom militer Amerika Serikat di Hiroshima

Photo :
  • Time Magazine

Little Boy adalah nama kode untuk bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima, Jepang, pada 6 Agustus 1945 dari pesawat Enola Gay (B-29 Super Fortress). Pesawat itu diterbangkan oleh Kolonel Paul Tibets dari Skuadron Pembom ke-393 Angkatan Udara Amerika Serikat. Itu adalah bom atom pertama yang digunakan sebagai senjata. 

Itu dijatuhkan tiga hari sebelum bom kedua dijatuhkan di Nagasaki. Daya ledaknya berasal dari fisi nuklir uranium 235. Pengeboman Hiroshima adalah ledakan nuklir buatan kedua dalam sejarah, serta ledakan berbasis uranium pertama. Bom tersebut meledak di ketinggian sekitar 600 meter dan menghasilkan kekuatan destruktif yang setara dengan 13 hingga 18 kiloton TNT (perkiraan bervariasi) dan menewaskan sekitar 220.000 orang. 

Fat Man adalah nama kode untuk sebuah bom atom yang diledakkan di Nagasaki, Jepang, pada tanggal 9 Agustus 1945. Bom tersebut dijatuhkan oleh Amerika Serikat. Itu adalah bom tipe ledakan, dengan pusat plutonium. Desain Fat Man mirip dengan desain perangkat bom atom pertama yang diledakkan selama uji atom Trinity pada bulan Juli 1945. 

2. Castle Bravo

VIVA Militer: Ledakan bom nuklir Rusia terdahsyat dunia.

Photo :

Castle Bravo adalah operasi di mana AS menguji bom hidrogen termonuklir untuk pertama kalinya. Tes dilakukan pada 1 Maret 1954 di Bikini Atoll di Kepulauan Marshall. Hasil langsung dari ledakan itu adalah hujan nuklir, yang meracuni penduduk pulau yang kembali ke pulau itu setelah ledakan. 

Anggota awak kapal nelayan Jepang Lucky Dragon juga diracun, yang menimbulkan pertanyaan internasional tentang keamanan melakukan uji coba nuklir. Bom tersebut menggunakan bahan bakar lithium-deuterium untuk reaksi nuklir serta cairan kriogenik, deuterium-tritium, yang digunakan sebagai bahan bakar untuk reaksi nuklir. 

1. Tsar Bomba

Tsar Bomba milik Uni Soviet, sekarang Rusia.

Photo :
  • Globalsecurity.org

Bom Tsar (Rusia: ???-?????) adalah nama panggilan untuk bom hidrogen RDS-220. Ini adalah senjata nuklir paling kuat yang pernah diledakkan. Dibuat oleh Uni Soviet, bom itu awalnya seharusnya memiliki kekuatan 100 megaton TNT, tetapi karena risiko radiasi yang berlebihan dan penyebaran partikel reaktif melalui atmosfer, kekuatannya berkurang setengahnya. 

Dua bom dibuat, satu asli dan satu salinan. Uji Bom diuji pada tanggal 30 Oktober 1961 tepat pukul 11:32 waktu setempat di kepulauan Nova Zemlja. Bom itu memiliki berat 27 ton, panjang 8 m, dan keliling 2 m. Bom dijatuhkan dari ketinggian sekitar 10,5 km dan diledakkan 4 km di atas tanah. 

Bola api yang terbentuk saat itu lebarnya 8 km, dan jamur yang terbentuk setelah ledakan tingginya 65 km, dan lebarnya sekitar 40 km di bagian bawah. Daerah dengan diameter 35 km di sekitar bom itu hancur total. Itu tidak pernah memasuki dinas militer dan hanya demonstrasi kekuatan dan teknologi Soviet pada saat itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya