Fakta Elon Musk Vs Jeff Bezos, Pertarungan Sesama Miliarder

Elon Musk dan Jeff Bezos.
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVA – Fakta Elon Musk vs Jeff Bezos. Jeff Bezos memiliki beberapa hal yang harus dilakukan. Setelah tiga tahun tidak pernah tertandingi sebagai orang terkaya di dunia, bos Amazon itu telah dikalahkan sebagai orang terkaya di dunia oleh pemilik perusahaan Twitter sekarang sekarang yaitu Elon Musk.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Elon Musk merupakan pendiri perusahaan mobil listrik Tesla, secara resmi menjadi orang terkaya di dunia pada bulan Januari, menggeser Jeff Bezos dari posisi teratas, dan laporan minggu ini menunjukkan bahwa Elon Musk mengungguli sangat jauh dari kekayaan dari bos Amazon itu.

Berkat meroketnya saham, nilai Tesla kini telah mencapai angka 1 triliun dolar, meningkatkan kekayaan bersih Musk menjadi 256 miliar dolar sementara Jeff Bezos memiliki harga kekayaan 57 miliar dolar. kedua orang terkaya di dunia ini memiliki banyak kesamaan dengan sama-sama meluncurkan perusahan perjalanan ke ruang angkasa.

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Mereka berdua itu selalu bersaing dalam 10 tahun terakhir, jadi siapa yang akan menang dalam persaingan menjadi orang terkaya di dunia. Berikut fakta Elon Musk vs Jeff Bezos, seperti dikutip dari Standard.co.uk sebagai berikut:

1. Awal Mula Kekayaan Jeff Bezos dan Elon Musk

The Reasons Why Elon Musk Postpones India Visit

Jeff Bezos vs Elon Musk.

Photo :
  • South China Morning Post

Jeff Bezos menambahkan 13 miliar dolar ke kekayaan bersihnya pada 20 Juli tahun 2020, diyakini sebagai pendapatan terbesar bagi seorang individu dalam satu hari, sementara kekayaan Musk empat kali lipat dalam tujuh bulan hingga Januari 2021 diyakini sebagai akumulasi kekayaan tercepat dalam sejarah.

Jeff Bezos membuka pada tahun 1994 setelah membaca bahwa web telah tumbuh 2.300 persen dalam setahun. Dia membuka toko buku online bernama Cadabra di garasinya di Seattle dan kemudian mengubah namanya menjadi Amazon, yang diambil dari sungai terbesar di dunia, dalam upaya untuk menjadikan toko bukunya yang terbesar di dunia. Nilai perusahaan melewati tanda triliun dolar untuk pertama kalinya Mei lalu. Dia memegang 10,6 persen saham.

Awal mulanya Elon Musk menjadi miliarder, Elon Musk pindah ke AS dari Afrika Selatan pada usia 24 dan mendirikan perusahaan teknologi yaitu Zip2, dengan saudaranya pada tahun 1995. Dia mengklaim mereka sangat miskin sehingga mereka tidak mampu membeli apartemen, tidur di kantor dan hidup hanya dengan 1 dolar sehari dengan membeli hot dog dan jeruk.

Empat tahun kemudian, Elon Musk menjual Zip2 seharga 300 juta dolar dan dua tahun setelah itu Elon Musk menjual perusahaannya PayPal seharga 1,5 miliar dolar. Pada 2002, Elon Musk mendirikan perusahaan ruang angkasa yaitu SpaceX pada tahun yang sama, bergabung dengan perusahaan mobil listrik Tesla sebagai arsitek produk pada 2004 dan menjadi kepala eksekutif pada tahun 2008.

2. Persaingan Luar Angkasa

Jeff Bezos vs Elon Musk.

Photo :
  • Axios

Bezos merupakan orang pertama yang meluncurkan pabrikan roketnya sendiri, Blue Origin, pada tahun 2000. Dia bermimpi memungkinkan jutaan manusia untuk tinggal di luar angkasa dengan pesawat luar angkasa yang terjangkau dengan harga tiket 200.000 dolar per penumpang, sementara Elon Musk tidak mau kalah dengan mematok harga 500.000 dolar per penumpang.

Mimpi Elon Musk ingin tinggal sekitar Mars. Bos Tesla mendirikan perusahaan eksplorasi ruang angkasa yang dinamai SpaceX pada tahun 2002 dan pertempuran antara miliarder sejak itu telah menjadi intergalaksi, bersaing dalam ukuran roket, Jeff Bezos memenangkannya, sementara penggunaan eksklusif landasan peluncuran NASA, Elon Musk lebih unggul dan menjadi perusahaan swasta pertama yang menempatkan seseorang ke orbit, maka dari itu Elon Musk lebih lebih diunggulkan.

3. Kehidupan Keluarga Jeff Bezos dan Elon Musk

Elon Musk dan Jeff Bezos.

Photo :
  • businessinsider.com

Jeff Bezos lahir di Mexico pada tahun 1964 dari orang tua yang bercerai ketika dia berusia masih 17 bulan. Suami baru ibunya, imigran Kuba Mike Bezos dan mengasuhnya ketika dia berusia empat tahun dan dia memiliki dua saudara kandung.

Tujuh tahun kemudian pada tahun 1971, Elon Musk  lahir di Pretoria, Afrika Selatan dari seorang insinyur kaya, ayahnya pilot, pelaut, dan seorang ahli gizi di Kanada dan ibunya merupakan seorang model ia juga memiliki dua saudara kandung.

Orang tuanya bercerai ketika Musk berusia sembilan tahun dan dia terasing dari ayahnya, yang diklaim melakukan kekerasan secara fisik dan verbal melecehkan ibunya dan kemudian memiliki seorang putra dengan putri tirinya, Elon Musk menggambarkan ayahnya sebagai  orang jahat, tetapi dia tetap dekat dengan ibunya, Maye.

Kedau orang terkaya itu menunjukkan tanda-tanda kecemerlangan sejak usia dini. Sebagai balita, Bezos dikatakan telah membongkar tempat tidurnya dengan obeng dan membangun alarm listrik untuk menjaga saudara-saudaranya keluar dari kamarnya. Dia melanjutkan ke jurusan ilmu komputer di Princeton.

Sementara, Elon Musk dilaporkan membaca seluruh Encyclopedia Britannica pada usia sembilan tahun dan belajar sendiri menulis kode komputer pada usia 12 tahun, menciptakan video game yang dijual seharga 500 dolar. Tapi dia begitu pendiam sebagai seorang anak yang orang tuanya mengira dia tuli.

Dia diintimidasi secara mengerikan, dirawat di rumah sakit setelah sekelompok anak laki-laki mendorongnya menuruni tangga. Dia belajar ekonomi dan fisika di University of Pennsylvania dan kemudian memulai kursus fisika di Stanford tetapi keluar setelah dua hari.

4. Percintaan

Jeff Bezos.

Photo :
  • TechCrunch

Pendekatan analitis Bezos meluas ke kencan. Bekerja di hedge fund di New York, dia mengambil kelas dansa ballroom dalam upaya untuk meningkatkan "arus wanita". Tak lama setelah itu, dia bertemu lulusan Princeton dan calon novelis MacKenzie Scott ketika dia mewawancarainya untuk sebuah pekerjaan.

Mereka mengumumkan perceraian mereka pada Januari 2019, dengan mengatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk "melanjutkan kehidupan bersama sebagai teman". Tapi ilusi perpecahan damai hancur ketika sebuah pesan yang bocor antara Jeff Bezos dan pembawa berita yang menjadi pilot helikopter Lauren Sanchez diterbitkan bersamaan dengan tuduhan perselingkuhan. Jeff Bezos dan Sanchez telah mengkonfirmasi hubungan mereka.

Sementara Elon Musk telah menikah dua kali, pertama dengan penulis Justine Wilson, dengan Justine Wilson memiliki lima anak dan yang kedua dengan aktris Talulah Riley, yang dinikahinya dan diceraikan dua kali.

5. Perseteruan Berlanjut di Twitter

Tiga miliarder Elon Musk, Jeff Bezos dan Richard Branson, berlomba pamer wisata luar angkasa.

Photo :
  • Asia

Pada tahun 2019, Elon Musk pernah menulis di akun Twitternya "Twitter saya benar-benar omong kosong" tulis kepada 42 juta pengikutnya. Tahun lalu ia terkenal menghapus 14 miliar dolar dari nilai perusahaan Tesla setelah men-tweet bahwa "harga saham Tesla terlalu tinggi". Ketika pengguna Twitter lain mengingatkannya bahwa tweet lain telah menghabiskan biaya 20 juta dolar, dia menjawab: "Layak".

Elon Musk secara terang-terangan mencaci maki Jeff Bezos di platform Twitter, menyebutnya 'peniru' karena memasuki pasar mobil self-driving dan mengklaim bahwa ide Jeff Bezos tentang bagaimana manusia pada akhirnya akan hidup di luar angkasa 'tidak masuk akal'.

Jeff Bezos pernah mengatakan "Selamat datang di klub!" Tweetnya kepada 1,8 juta pengikut. ketika SpaceX meluncurkan roket ke luar angkasa, namun pada bulan februari lalu twitternya sudah tidak aktif lagi. dia lebih suka menggunakan instagram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya