Email Penyumbang Jejak Karbon

Email.
Email.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kemajuan teknologi membuat layanan pesan instan menjadi semakin mudah diakses dan juga cepat, dan dianggap gratis.

Namun, ada kekhawatiran tersendiri di balik itu semua. Seperti diketahui, emisi karbon saat ini masih menjadi masalah besar di dunia. Jejak karbon akan menyebabkan serangkaian dampak negatif bagi alam.

Beberapa di antaranya adalah kekeringan, berkurangnya sumber air bersih, cuaca ekstrem, hingga bencana alam.

Mengutip laman Kementerian ESDM RI, jejak karbon adalah jumlah karbon atau gas emisi yang dihasilkan dari berbagai kegiatan atau aktivitas manusia pada kurun waktu tertentu.

Berbagai aktivitas sehari-hari yang menyebabkan bertambahnya jejak karbon di alam, misalnya penggunaan bahan bakar fosil, polusi kendaraan bermotor, penggunaan energi listrik serta air yang berlebihan, dan lain sebagainya.

Sekilas, antara surat elektronik atau email dan jejak karbon yang dilepaskan ke alam memang sepertinya tidak berhubungan.

Namun, sebenarnya keduanya punya hubungan sebab akibat. Sederhananya, agar bisa mengirim email dari laptop atau ponsel, itu pun membutuhkan energi listrik agar bisa alat tersebut bisa menyala.