Siluman Langit Amerika Hidupkan 'Sel Mata-mata'

Pasukan Luar Angkasa AS.
Pasukan Luar Angkasa AS.
Sumber :
  • Zedge

VIVA Tekno – Angkatan Luar Angkasa Amerika Serikat (US Space Force) resmi mengaktifkan unit baru yang bertugas untuk memberikan laporan kritis seperti sistem ancaman asing dan aktivitas mencurigakan di wilayah luar angkasa.

Para pemimpin di Departemen Pertahanan AS atau Pentagon mengatakan bahwa peluncuran 'sel mata-mata' ini sangat penting untuk membentuk masa depan inovasi dan akuisisi teknologi pasukan yang dijuluki 'Siluman Langit' tersebut.

Unit baru yang dikenal sebagai 'Space Delta 18' akan ditugaskan untuk mengidentifikasi ancaman terhadap aset luar angkasa Amerika Serikat, baik kinetik maupun non-kinetik, seperti dilansir dari situs Space, Sabtu, 2 Juli 2022.

Kinetik dalam pengertian ini mengacu pada ancaman yang secara fisik dapat merusak atau menurunkan satelit AS dan aset lainnya. Sedangkan non-kinetik umumnya mengacu pada senjata anti-satelit yang menggunakan energi terarah, gangguan sinyal, atau cara lain untuk mengganggu operasi satelit.

Space Delta 18 dioperasikan oleh National Space Intelligence Center (NSIC), pusat intelijen baru yang berbasis di Pangkalan Angkatan Udara Wright-Patterson di Ohio, AS, yang akan dikelola oleh 345 personel gabungan sipil dan militer.

Kepala Staf Angkatan Luar Angkasa AS Jenderal John W Raymond mengatakan Space Delta 18 dibuat untuk memenuhi permintaan guna mengantisipasi peningkatan intelijen luar angkasa pada tingkat dasar, taktis, operasional, dan strategis.

Sementara itu, Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat Avril Haines mengatakan Space Delta 18 dan NSIC sangat penting untuk mendorong inovasi dan pengembangan di luar angkasa.