Phoenix Ghost, Drone Hantu Ukraina Kiriman AS

Pesawat tanpa awak atau drone milik militer AS.
Pesawat tanpa awak atau drone milik militer AS.
Sumber :
  • US Military

VIVA Tekno – Amerika Serikat (AS) mengirimkan 580 unit Drone Phoenix Ghost ke Ukraina. Pesawat nirawak ini merupakan jenis amunisi yang berkeliaran yang memungkinkannya untuk tetap mengudara dalam waktu lama sebelum menghancurkan target milik Rusia.

Penasehat Kantor Presiden Ukraina Oleksii Arestovysch menggambarkan Phoenix Ghost sebagai ‘widget yang bagus’. Drone ini muat untuk dimasukkan ke dalam tas ransel dan diklaim mampu mengudara selama enam jam lamanya.

Phoenix Ghost juga sudah dilengkapi dengan sensor inframerah yang membuatnya dapat beroperasi di malam hari dan menghancurkan target kendaraan lapis baja kelas menengah milik Rusia.

"Lima ratus delapan puluh unit drone canggih ini sama dengan 350 target (Rusia) yang hancur di belakang," klaim Oleksii. Benarkah secanggih itu Drone Phoenix Ghost?

Menurut Defense News, Selasa, 26 Juli 2022, Phoenix Ghost yang dikembangkan oleh AS memang khusus untuk digunakan di Ukraina. Fungsi kerjanya mirip dengan AeroVironment Switchblade.

Ini adalah jenis amunisi yang berkeliaran, yang mampu mengudara untuk waktu yang lama sebelum mendapatkan target. Drone ini dikembangkan oleh Aevex Aerospace yang bermarkas di California, AS.

Drone Kamikaze AS yang akan dikirim ke Ukraina

Drone Kamikaze AS yang akan dikirim ke Ukraina

Photo :
  • AeroVironment