Perang Elektronika Rusia Vs Ukraina

Senjata Antisatelit Rusia, Kalina.
Senjata Antisatelit Rusia, Kalina.
Sumber :
  • BGR.com

VIVA Tekno – Perang antara Rusia dengan Ukraina telah berlangsung selama beberapa bulan, analis intelijen mengungkapkan, teknik perang elektronika mungkin memberikan keunggulan bagi pasukan Rusia.

Dalam fase perang, yang kini telah memasuki bulan keenam pertempuran, berbagai pengamat mencatat bahwa sistem perang elektronika (EW) Rusia memainkan peranan yang lebih besar.

Penunjukan EW mengacu pada berbagai sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat mencegat, atau menemukan komunikasi musuh.

Pada Juni 2022, Associated Press melaporkan bahwa sistem ini mulai lebih banyak digunakan di Ukraina timur, di mana jalur pasokan yang lebih pendek memungkinkan pasukan Rusia untuk memindahkan peralatan EW khusus lebih dekat ke medan perang.

Pejabat Ukraina mengatakan kepada AP bahwa gangguan GPS pada sistem pemandu drone menghadirkan ancaman yang cukup parah terhadap keefektifannya, mengutip dari situs The Verge, Selasa, 2 Agustus 2022.

Sebuah analisis baru yang diterbitkan di Spectrum, sebuah publikasi berita yang diproduksi oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), juga berpendapat bahwa sementara EW tidak memainkan peran yang menentukan dalam invasi, sekarang sangatlah membantu memberi tips pada skala yang menguntungkan Rusia dalam menemukan semua target milik Ukraina.

“Para ahli telah lama menyebut Rusia memiliki beberapa unit EW paling berpengalaman dan paling lengkap di dunia,” ujar Bryan Clark, direktur Pusat Konsep dan Teknologi Pertahanan Institut Hudson.