Laptop Asus Terbang 600 Hari di Stasiun Luar Angkasa Mir Rusia

Stasiun Luar Angkasa Mir milik Rusia.
Sumber :
  • The Conversation

VIVA Tekno – Raksasa teknologi Taiwan Asus menceritakan bagaimana proses laptopnya bisa ikut terbang bersama Stasiun Luar Angkasa Mir milik Rusia.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

Kala itu, tepatnya pada 1997, Asus mengeluarkan laptop perdananya, P6300. Satu tahun kemudian, Rusia mengirim kosmonot ke Stasiun Luar Angkasa Mir, dan salah satu laptop yang turut serta adalah Asus P6300.

“Entah kebetulan atau bukan. Waktu kita rilis laptop perdana memang bersamaan dengan kosmonot Rusia mau terbang ke (stasiun luar angkasa) Mir. Jadi, pastinya mereka butuh perangkat komputasi untuk bekerja,” kata Muhammad Firman, Head of Public Relations Asus Indonesia kepada VIVA Tekno di Jakarta, Kamis, 15 September 2022.

Asus Mini PC NUC 14 Pro, Konsumsi Daya Rendah tapi Respons Cepat

Ia juga mengklaim hanya laptop Asus yang berhasil bertahan selama 600 hari mengudara di orbit Bumi hingga kembali lagi ke Bumi. “Laptop kita sih terbukti enggak ada error sama sekali sampai dibawa balik ke Bumi,” jelasnya.

Ponsel Gaming Asus ROG Phone 8 Series Meluncur Besok, Ini Bocorannya

ASUS Zenbook 14X OLED SPACE EDITION

Photo :
  • VIVA/Muhammad Naufal

Adapun, turut sertanya laptop Asus P6300 ke Stasiun Luar Angkasa Mir ini merupakan penunjukkan langsung dan sepihak dari Roscosmos Rusia.

Firman mengaku bahwa Asus tidak ada kerja sama khusus atau apapun yang mem-propose laptopnya untuk turut serta bertugas di orbit Bumi bersama kosmonot Rusia.

“Teknologi terbaru yang ada di pasaran saat itulah yang mereka bawa. Jadi, kita dipilih dan kita enggak ada kerja sama khusus,” tutur dia.

Sebagai informasi, Stasiun Luar Angkasa Mir milik Rusia mengorbit selama 15 tahun di orbit rendah Bumi. Pada 23 Maret 2001, Mir resmi dipensiunkan. Selama bertugas, Mir telah menampung 104 kosmonot dan astronot dari 13 negara dan badan antariksa lintas negara.

Kini, 25 tahun setelahnya, Asus resmi menghadirkan Zenbook 14X OLED Space Edition (UX5401ZAS) ke Indonesia. Laptop luar angkasa ini hadir dengan desain unik nan futuristik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya