Cerita Remaja Madiun Cairkan Bitcoin Hasil Jual Telegram ke Bjorka

Hacker Bjorka
Sumber :

VIVA Tekno – Muhammad Agung Hidayatullah (MAH) pemuda asal Madiun, Jawa Timur mengaku telah mencairkan bitcoin sebanyak USD 100 atau Rp 1,4 juta rupiah yang dihasilkan dari menjual akun Telegram-nya kepada hacker Bjorka.

Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Baru Balik ke Rp 15.000-an pada Kuartal IV-2024

MAH mengaku bitcoin tersebut dibayarkan melalui aplikasi Indodax setelah melakukan kesepakatan harga dengan Bjorka. Bahkan, dia menyebut sempat kebingungan bagaimana cara mencairkan bitcoin ke dalam rupiah.

Jumanto, ayah dari MAH yang jadi tersangka karena membantu Bjorka

Photo :
  • ANTARA/Louis Rika
Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

“Ada tahapan-tahapan untuk cairkan bitcoin jadi rupiah,” ucap MAH kepada wartawan, Rabu, 20 September 2022

Menurut penjelasannya, tahapan-tahapan pemindahan bitcoin ke rupiah selalu menyertakan PIN rahasia hingga bitcoin berhasil masuk ke aplikasi Dana, setelah itu baru-lah uang bisa dipindahkan ke rekening bank menjadi rupiah.

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife

“Otomatis uang dollar berubah menjadi rupiah” sambungnya.

Hacker Bjorka kembali aktif di Twitter.

Photo :
  • Tangkapan Layar

Sebelumnya, lanjut MAH, ia belum pernah sama sekali melakukan transaksi bitcoin. Namun, berkat usaha dan keingintahuannya yang tinggi, MAH mencoba browsing dan mencari tutorial mencairkan bitcoin sehingga ia berhasil.

Pria 21 tahun itu mengatakan uang Rp 1,4 juta tersebut disisihkan Rp 800 ribu untuk keperluan membayar angsuran sepeda motor. Sisanya, kata dia digunakan untuk belanja pakaian dan kebutuhan-kebutuhan lain.

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan MAH dijerat pasal Undang-undang ITE usai menjadi tersangka karena diduga membantu hacker Bjorka. Ancaman hukumannya pun paling lama delapan tahun penjara.

"Pasal 46, 48, 32 dan 31 UU ITE. Ya ada beberapa pasal disitu, yang penting apa yang diterapkan dari timsus khususnya dari Ditsiber," kata Dedi dalam keterangannya, Senin 19 September 2022.

MAH menjadi tersangka karena dinilai membantu hacker Bjorka menyediakan kanal di aplikasi Telegram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya