5 Cara Ilmuwan Selamatkan Bumi dari Keganasan Asteroid

Penambangan asteroid.
Penambangan asteroid.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Tekno – Tata Surya yang dihuni Bumi, dipenuhi dengan berbagai puing-puing di mana beberapa di antaranya berpotensi bahaya. Asteroid atau komet tersebut kemungkinan meluncur ke Bumi. Batu itu bahkan disebut-sebut menjadi penyebab punahnya dinosaurus pada 66 juta tahun yang lalu.

Ilmuwan tidak diam saja atas ancaman ini. Asteroid besar bisa saja kembali menghantam Bumi. Menurut situs Space, Kamis, 22 September 2022, berikut adalah cara yang disarankan oleh spesialis pertahanan planet agar Bumi kita aman dari ancaman batuan luar angkasa.

Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) beserta teleskop yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia mengawasi langit dengan tajam jika ada asteroid dan komet yang mengancam. Mereka memindai langit malam secara teratur dan kemudian memplot orbit dari setiap planet baru yang ditemukan.

Selama beberapa dekade pencarian, mereka belum menemukan apapun yang perlu dikhawatirkan, tetapi para ilmuwan tetap bersiap.

Asteroid Tomanowos.

Asteroid Tomanowos.

Photo :
  • The Conversation

Kantor Koordinasi Pertahanan Planet dan pakar pertahanan planet telah membuat beberapa skenario untuk menghentikan planet kita menerima batuan luar angkasa yang masuk. Pekerjaan ini masih tahap awal, tetapi mereka sudah menguji beberapa ide di Bumi dan di luar angkasa.

Penabrak kinetik