Metode Hacker Israel Memata-matai Pejabat Indonesia

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Twitter Airlangga Hartarto @airlangga_hrt

VIVA Tekno – Pada tahun lalu, lebih dari selusin pejabat senior pemerintah dan militer Indonesia menjadi sasaran perangkat lunak mata-mata Israel. Salah satu targetnya adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Enam pejabat dan penasihat Indonesia yang ditargetkan mengatakan bahwa mereka menerima pesan email dari Apple Inc pada November 2021 yang memberi tahu mereka bahwa Apple yakin para pejabat sedang ditargetkan oleh ‘hacker yang disponsori negara'.

Apple belum mengungkapkan identitas atau jumlah pengguna yang ditargetkan. Perusahaan menolak berkomentar untuk laporan ini, mengutip dari situs WION, Senin, 3 Oktober 2022.

Apple dan peneliti keamanan mengatakan, target menerima peringatan menggunakan ForcedEntry, perangkat lunak canggih yang telah digunakan oleh vendor pengawasan siber asal Israel, NSO Group.

Seorang perempuan sedang menelepon pakai iPhone depan kantor NSO Group di Israel.

Seorang perempuan sedang menelepon pakai iPhone depan kantor NSO Group di Israel.

Photo :
  • The Times of Israel

Alat tersebut digunakan untuk membantu agen mata-mata asing dari jarak jauh dan tanpa terlihat untuk mengendalikan iPhone. Perusahaan siber Israel lainnya, QuaDream, telah mengembangkan alat peretasan yang hampir identik dengan NSO Group. 

Namun belum diketahui perusahaan mana yang memata-matai pejabat Indonesia, NSO Group atau QuaDream. Tidak diketahui juga apa upaya peretasan itu berhasil dan apa saja yang didapat oleh penjahat siber.