Anna Kikina, Si Cantik Rusia Terbang ke ISS Pakai SpaceX

Kosmonot Rusia Anna Kikina.
Kosmonot Rusia Anna Kikina.
Sumber :
  • Daily Advent

VIVA Tekno – Perusahaan antriksa swasta milik Elon Musk, SpaceX, meluncurkan misi Crew-5 untuk NASA pada Rabu, 5 Oktober 2022, mengirim empat kru menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). 

Seperti namanya, ini adalah misi kru kelima SpaceX ke ISS di bawah kontrak kru komersial NASA. Kapsul Dragon perusahaan, Endurance membawa awak yang beragam, yaitu Astronot NASA Nicole Mann dan Josh Cassada, Spaceflyer Jepang Koichi Wakata dan Kosmonot Rusia Anna Kikina.

Ini adalah penerbangan luar angkasa kelima Wakata, sementara ketiga awaknya masih pemula, menurut laman Space, Kamis, 6 Oktober 2022.

Nicole Mann dan Anna Kikina juga dapat menyematkan pengalaman pertama lainnya di mana Mann adalah wanita asli Amerika pertama yang mencapai luar angkasa dan Kikina adalah kosmonot pertama yang diluncurkan dengan SpaceX.

Kosmonot Anna Kikina.

Kosmonot Anna Kikina.

Photo :
  • NDTV.com

Perjalanan Anna Kikina adalah bagian dari perjanjian pertukaran kru antara NASA dengan Roscosmos, Badan Antariksa Rusia, yang menandatangani kontrak pada awal tahun. 

Perjanjian yang telah lama dinanti-nantikan itu datang pada musim panas lalu, selama invasi Rusia yang sedang berlangsung ke Ukraina, yang telah meningkatkan ketegangan antara Rusia dan sebagian besar belahan dunia lainnya.