Beda dengan Halloween, Meksiko Peringati Hari Orang Mati

Perayaan 'Day of the Dead' atau Hari Orang Mati.
Sumber :
  • Getty Images

VIVA Tekno – The Day of the Dead atau Hari Orang Mati mungkin terdengar seperti peristiwa yang serius, tetapi  hari libur terkenal di Meksiko ini sebenarnya adalah peringatan dari orang yang telah meninggal dunia.

Penemuan Kerangka Mayat Perempuan Gegerkan Warga Wonogiri, Korban Diduga Dibunuh

Perayaan nasional yang meliputi  parade besar-besaran di Mexico City biasanya dimulai pada malam 31 Oktober di mana para keluarga duduk berjaga di situs kuburan. 

Tradisi Meksiko menyatakan bahwa pada 1 dan 2 November, orang mati dibangkitkan untuk terhubung kembali dan merayakan dengan keluarga dan teman mereka yang masih hidup.

5 Negara Bagian dengan Cadangan Minyak Terbesar di AS

Mengingat waktunya, mungkin ada yang menyamakan The Day of the Dead dengan Halloween, hari liburan Amerika Serikat (AS) yang bertema hantu. Tetapi kedua hari raya itu mengungkapkan keyakinan yang berbeda secara fundamental.

Sementara Halloween berasal dari tradisi pagan dan Kristen, Hari Orang Mati memiliki akar adat sebagai perayaan Dewi Kematian Aztec, menurut situs Live Science, Senin, 31 Oktober 2022.

Ramalan dari Naskah Prabu Jayabaya Tentang Gempa Dahsyat dab Makan Banyak Korban Jiwa

Kerangka yang dihias di Hari Orang Mati

Photo :
  • Alfonso Martorell

The Day of the Dead dapat ditelusuri kembali ke penduduk asli Meksiko tengah dan selatan, wilayah di mana Kirby Farah melakukan penelitian arkeologi.

Ketika Spanyol tiba di Meksiko tengah 500 tahun silam, wilayah itu memiliki jutaan penduduk asli. Para conquistadores sebagian besar mencirikan mereka sebagai Aztec karena pada saat itu mereka bersatu di bawah kekaisaran Aztec yang luas.

Menurut  catatan zaman kolonial, kerajaan Aztec dibentuk pada 1427 Masehi hanya sekitar satu abad sebelum kedatangan Spanyol. Berabad-abad sebelumnya ini disebut sebagai 'Dia de los Muertos' yang mungkin berasal dari Suku Toltec di Meksiko tengah.

Bagaimana pun saat penjajah Spanyol menyerbu pada 1519 M Suku Aztec mengakui jajaran dewa yang luas termasuk Dewi Kematian dan dunia bawah bernama  Mictecacihuatl.

Dewi tersebut dirayakan sepanjang bulan kesembilan dari kalender Aztec, bulan 20, hari yang kira-kira berhubungan dengan akhir Juli dan awal Agustus.

Perayaan Hari Orang Mati

Photo :
  • Wikimedia

Mitologi Aztec menceritakan bahwa Mictecacihuatl dikorbankan sebagai bayi dan secara ajaib tumbuh dewasa di dunia bawah, di mana dia menikah bersama suaminya dan kemudian memimpin dunia bawah.

Mictecacihuatl -yang sering digambarkan dengan kulit terkelupas dan rahang kerangka yang menganga- dikaitkan dengan kematian dan kebangkitan. Menurut salah satu mitos, Mictecacihuatl dan suaminya mengumpulkan tulang-tulang agar bisa kembali ke negeri orang hidup dan dipulihkan oleh para dewa.

Suku Aztec menenangkan dewa-dewa dunia bawah yang menakutkan ini dengan mengubur orang mati dengan makanan dan benda-benda berharga.

Para arkeolog dan sejarawan hanya tahu sedikit tentang rincian perayaan Mictecacihuatl yang berlangsung selama sebulan. Itu kemungkinan melibatkan  pembakaran dupa, nyanyian dan tarian serta pengorbanan darah.

Ritual ini ditampilkan secara menonjol dalam film Disney/Pixar 2017 'Coco'. Ini termasuk tengkorak gula buatan sendiri, altar rumah yang dihias, hewan roh fantastik yang disebut alebrijes dan gambar calaveras yang ramah.

Suami dunia bawah Mictecacihuatl, Mictlantecuhtli.

Photo :
  • Museum Nasional Antropologi Meksiko

Penggunaan marigold Meksiko untuk menghiasi altar dan kuburan pada Hari Orang Mati mungkin berasal dari adat. Disebut cempasuchil oleh suku Aztec, marigold Meksiko yang semarak tumbuh selama musim gugur. Menurut mitos, aroma manis bunga ini membangunkan orang mati.

Kuil-kuil yang didekorasi dengan rumit untuk orang-orang terkasih yang telah meninggal, yang biasanya berisi persembahan untuk orang yang telah meninggal, mungkin juga memiliki asal-usul pra-Hispanik. 

Banyak masyarakat adat di seluruh Mesoamerika memiliki altar di  rumah atau teras mereka. Ini digunakan untuk melakukan ritual rumah tangga, menyembah dewa dan berkomunikasi dengan leluhur.

Banyak masyarakat adat di seluruh Mesoamerika memiliki altar di  rumah atau teras mereka(terbuka di tab baru). Ini digunakan untuk melakukan ritual rumah tangga, menyembah dewa dan berkomunikasi dengan leluhur.

Tulang, tengkorak, dan kerangka yang menjadi ikon Day of the Dead pada dasarnya juga asli. Banyak dewa Aztec digambarkan sebagai kerangka. Sementara dewa lain memakai tulang sebagai pakaian atau perhiasan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya