5 Negara Tertua di Dunia, Ada Sarang Bajak Laut yang Pernah Sandera WNI

Kilkenny Castle di Irlandia.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Mungkin di antara kamu ada yang bertanya-tanya apa saja negara tertua di dunia? Dunia pernah diyakini sebagai superbenua, yang dikenal sebagai 'Pangea'.

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer

Ini dimaksudkan untuk menggambarkan bagaimana semua benua bergabung menjadi satu, Pangaea diketahui sudah ada dari 240 juta tahun yang lalu dan mulai pecah untuk membentuk negara yang sekarang kita kenal setelah sekitar 200 juta tahun kemudian.

Seiring berjalannya waktu, umat manusia telah melihat banyak negara dan negara bangkit serta menghilang dalam catatan sejarah. Melansir dari Facts.Net, berikut adalah peradaban yang bertahan paling lama atau negara tertua di dunia.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

1. San Marino

Shin Tae-yong Galau Harus Hadapi Negara Sendiri

San Marino

Photo :
  • Commonists/wikimedia

San Marino yang didirikan oleh Santo Marinus ini diketahui sudah ada sejak 301 M. Bangsa ini adalah salah satu negara terkecil di dunia. Dengan populasi kurang dari 30.000, San Marino adalah republik tertua di dunia yang masih ada.

Negara kecil ini pertama kali diakui oleh Prancis Napoleon pada 1797. Namun, baru 18 tahun kemudian, negara-negara Eropa lainnya mengakui keberadaannya sebagai negara berdaulat.

Warga kelaparan di Somalia, Afrika

Photo :
  • godsdirectcontact.org

Somalia diketahui berdiri sejak 200 SM dan didirikan oleh Mohamed Siad Barre dengan ibu kota Mogadishu.  Beberapa sejarawan mengasosiasikan orang Somalia kuno dengan migrasi besar-besaran prasejarah dari Levant.

Namun, studi arkeologi yang disempurnakan, sekarang menunjukkan bahwa komunitas ini asli Somaliland. Artinya, penduduk asli Somalia telah ada setidaknya selama 7000 tahun.

Penemuan lukisan batu kuno semakin membuktikan bahwa Somalia adalah salah satu negara tertua di dunia. Lukisan-lukisan ini menggambarkan kehidupan awal di wilayah tersebut dan diperkirakan berusia 5000 tahun.

Tapi sayangnya, Somalia kini lebih dikenal sebagai negara yang tidak aman, miskin, serta perompak atau bajak laut. Pada Maret 2011, sebanyak 20 Anak Buah Kapal (ABK) MV Sinar Kudus, yang semuanya warga negara Indonesia (WNI), dibajak oleh 35 perompak bersenjata Somalia.

Namun, kejadian itu tidak berlangsung lama karena TNI berhasil menyelamatkan seluruh ABK beserta kapal MV Sinar Kudus dari para bajak laut Somalia.

Mongolia

Photo :
  • pixabay

Didirikan oleh Genghis Khan sejak 209 SM, Kekaisaran Mongolia terdiri dari suku-suku berbahasa Mongol dan suku Turki lainnya. Studi arkeologi di Provinsi Khovd di negara itu telah menemukan lukisan berwarna merah muda, coklat dan oker merah. Lukisan-lukisan ini menggambarkan hewan bersejarah dan berasal dari 20.000 tahun yang lalu.

4. Prancis

Lukisan ilustrasi Revolusi Prancis karya Jean-Pierre Houël

Photo :
  • Wikimedia Commons

Meskipun Prancis hanya ada sebagai negara selama lebih dari seribu tahun, namun negara ini terkenal dengan beberapa peristiwa terpenting dalam sejarah Eropa. Misalnya,  Revolusi Prancis 1789, Perang Napoleon dan invasi Jerman pada 1914 dan 1940.

Pendirian Prancis sebagai sebuah bangsa lahir dari konsolidasi kekuatan dan perluasan wilayah melalui pertempuran dengan raja Inggris dan Habsburg. Prancis sudah ada sejak 600 SM dengan pendirinya diketahui bernama Hugh Capet dengan Ibukotanya bernama Marseille.

Kilkenny Castle di Irlandia

Photo :
  • Pixabay

Republik Irlandia telah bertahan selama berabad-abad dengan kelaparan brutal, perang saudara, persatuan dan kemerdekaan serta era Kristen, Viking dan Norman. Seperti kebanyakan peradaban, orang Irlandia dulunya adalah petani. Petani pertama tiba di Irlandia sekitar 4000 SM (sekitar 10.000 tahun yang lalu). Irlandia diketahui sudah ada sejak 600 SM dengan pendirinya bernama Celtic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya