Grace Murray Hopper, Jenderal Bintang 2 Penemu Istilah 'Bug' di Sistem Komputer

Laksamana Muda (Purn) Grace Murray Hopper.
Sumber :
  • Angkatan Laut AS

VIVA Tekno – Sejak usianya yang masih terbilang muda, Grace Murray Hopper menunjukkan minatnya di bidang teknik. Dia sering membongkar barang-barang rumah tangga dan menyatukannya kembali. Keingintahuannya itu membuatnya mendapat jabatan tertinggi di negaranya.

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas

Hopper lahir pada 9 Desember 1906 di New York City, AS. Dia mengenyam pendidikan di sekolah persiapan di New Jersey. Kemudian, dia mendaftar di Vassar College. Setelah lulus dengan gelar sarjananya, Hopper pergi ke Universitas Yale, di mana dia mendapatkan gelar Master dan PhD di bidang Matematika. Setelah itu dia mulai mengajar di Vassar College.

Pada 1943, Hopper mengundurkan diri dari posisinya di Vassar untuk bergabung dengan Navy WAVES (Women Accepted for Voluntary Emergency Service). Kemudian pada tahun 1944, dia ditugaskan sebagai Letnan (Kelas Junior) dan ditugaskan ke Proyek Komputasi Biro Persenjataan di Universitas Harvard.

2 Helikopter AL Malaysia Tabrakan saat Latihan, Menhan Minta Video Kecelakaan Tak Disebarluaskan

Grace Murray Hopper.

Photo :
  • Lynn Gilbert

Timnya mengerjakan dan memproduksi Mark I, prototipe awal komputer elektronik. Hopper menulis 500 halaman Manual of Operations for the Automatic Sequence-Controlled Calculator di mana dia menguraikan prinsip dasar operasi mesin komputasi.  

Luhut Ungkap Rencana China Tanam Ratusan Hektare Padi di Kalimantan

Selain itu, saat mengerjakan Mark I, Hopper menciptakan kata "bug" untuk menggambarkan kerusakan komputer, melansir dari situs Women History, Rabu, 1 Februari 2023.

Setelah perang berakhir, Hopper menjadi peneliti di Harvard dan pada tahun 1949 dia bergabung dengan Eckert-Mauchly Corporation, melanjutkan pekerjaan perintisnya di bidang teknologi komputer.

Grace Murray Hopper.

Photo :
  • Grace Murray Hopper Collection

Hopper terlibat dalam pembuatan UNIVAC, komputer digital serba elektronik pertama. Dia menemukan kompiler komputer pertama, sebuah program yang menerjemahkan instruksi tertulis menjadi kode yang dibaca langsung oleh komputer. 

Pekerjaan ini membawanya untuk mengembangkan COBOL, salah satu bahasa komputer standar paling awal. COBOL mengaktifkan komputer untuk merespons kata-kata selain angka. 

Hopper juga memberi kuliah secara luas tentang komputer, memberikan hingga 300 kuliah per tahun. Dia meramalkan bahwa suatu hari komputer akan cukup kecil untuk muat di atas meja dan orang-orang yang bukan pemrogram profesional akan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selama karirnya, Grace Murray Hopper mempertahankan afiliasinya dengan Naval Reserve. Pada tahun 1966, dia mencapai pangkat Komandan. Tahun berikutnya pada tahun 1967, Hopper dipanggil kembali untuk tugas aktif dan ditugaskan ke staf Kepala Operasi Angkatan Laut sebagai Direktur, Grup Bahasa Pemrograman Angkatan Laut.

Grace Murray Hopper.

Photo :
  • Computer History Museum

Dia dipromosikan menjadi Kapten pada 1973, menjadi Komodor sepuluh tahun kemudian, serta meraih pangkat dan Laksamana Muda (jenderal bintang dua di AL) pada 1985. Dua tahun kemudian dia dianugerahi Medali Layanan Terhormat Pertahanan, penghargaan tertinggi yang diberikan kepada mereka yang tidak berpartisipasi dalam pertempuran.

Pekerjaan Hopper dengan komputer tidak hanya mendapat perhatian nasional, tetapi dia diakui secara internasional. Kemudian pada tahun 1973, dia dinobatkan sebagai rekan terhormat dari British Computer Society lalu menjadi wanita pertama dan satu-satunya yang memegang gelar tersebut. 

Setelah pensiun, Hopper kembali ke kelas di mana dia mengajar dan mengilhami siswa sampai kematiannya pada 1 Januari 1992. Meskipun Hopper memiliki banyak pencapaian karir, dia kemudian memberi tahu penulis biografinya bahwa kegembiraan terbesarnya datang dari mengajar. Pada 2016, Grace Murray Hopper dianugerahi Presidential Medal of Freedom. Tubuhnya dikebumikan di Arlington National Cemetery.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya