5 Negara Asia Punya Julukan Unik, Indonesia 'Batu Mulia'

Peta Indonesia.
Sumber :

VIVA Tekno – Daftar negara dengan julukan unik di Asia tentunya sangat menarik untuk diketahui. Indonesia dan negara-negara di Benua Asia memiliki ciri khasnya sendiri sehingga mendapat julukan yang tak biasa. Berikut daftarnya:

Bursa Saham Asia Kompak Anjlok Imbas Eskalasi Konflik Iran-Israel, BEI Buka Suara

1. Zamrud Khatulistiwa (Indonesia)

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Batu zamrud terberat di dunia

Photo :
  • mining.com

Indonesia memiliki julukan Zamrud Khatulistiwa atau Emerald of the Equator. Julukan unik ini disematkan lantaran Indonesia berada di jalur khatulistiwa atau ekuator. Pontianak merupakan kota di Indonesia yang tepat dilalui oleh jalur tersebut.

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Lebih spesifik, kata zamrud juga disematkan karena Indonesia adalah negara yang kaya, eksotis, dan indah. Selain itu, zamrud juga dikenal sebagai batu mulia. Secara keseluruhan, Indonesia memiliki setidaknya 16.766 pulau yang terdaftar pada 2022.

2. Negeri Gajah Putih (Thailand)

Bendera negara Thailand.

Photo :
  • AP Photo/Sakchai Lalit

Selanjutnya, ada Thailand yang berjuluk Negeri Gajah Putih. Masyarakat Thailand terkenal sangat menyucikan gajah. Dalam sejarahnya, gajah putih adalah hewan yang menjadi kendaraan Siddartha Gautama menuju ke pohon suci untuk bertapa.

Selain itu, gajah putih ini juga merupakan simbol Kerajaan Thailand dan hewan endemik negara tersebut. Thailand menganggap gajah putih sebagai simbol kekayaan, kekuasaan, dan keberuntungan.

3. Negeri Tirai Bambu (China)

Bendera China.

Photo :

Negeri Tirai Bambu adalah sebutan unik untuk China. Negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia ini dikenal luas dengan kualitas bambunya yang sangat berkualitas dan sulit dipatahkan.

Bambu-bambu di China tumbuh sangat banyak dan bergerombol, sehingga terkesan menyerupai tirai.

Ada 400 jenis bambu yang terdapat di China. Artinya, sepertiga jenis bambu di dunia tumbuh subur di China. Di sisi lain, masyarakat China juga menganggap bahwa bambu adalah simbol nilai tradisional dan mencerminkan kebijakan seseorang.

4. Negeri Matahari Terbit (Jepang)

Bendera Jepang.

Photo :
  • Istimewa

Jepang sangat terkenal dengan julukan uniknya, yakni Negeri Matahari Terbit. Sebab, negara ini juga biasa disebut sebagai Nihon, yang artinya matahari terbit. Selain itu, Jepang juga menjadikan matahari sebagai lambang benderanya.

Nihon merupakan  julukan untuk Jepang yang sudah ada sejak masa kekaisaran China di tahun 589 sampai 618. Dari China, Jepang berada di arah timur, yang merupakan arah terbitnya matahari. Jadi, seakan-akan matahari terbit dari Jepang.

5. Negeri Seribu Pagoda (Myanmar)

Bendera baru Myanmar

Photo :
  • Khin Maung Win/ AP

Negeri Seribu Pagoda merupakan julukan yang dialamatkan untuk Myanmar. Julukan unik tersebut disematkan karena Myanmar memiliki banyak sekali candi dan pagoda Buddha kuno.

Melansir dari India Times menyebutkan bahwa jumlah candi, pagoda, kuil, dan biara Buddha di Myanmar mencapai 10 ribu unit. Namun kini jumlahnya hanya tinggal sekitar 2.200 unit. Bangunan-bangunan kuno tersebut menjadi daya tarik turis asing untuk berkunjung ke Myanmar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya