5 Amalan di Malam Takbiran

Malam Takbiran.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA Tekno – Idul Fitri tinggal menghitung hari. Pastinya akan diliputi kumandang suara Takbir. Maka dari itu, ada beberapa amalan yang perlu diperhatikan saat malam Takbiran.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Alangkah baiknya malam Takbiran diisi dengan perbanyak sholawat, dzikir, hingga sering mengumandangkan takbir. Berikut beberapa amalan di malam takbir yang perlu dilakukan:

1. Perbanyak Takbir

Pemotor Kaget ke Bengkel Ini Saat Maghrib, Netizen: Tau Kan Kenapa Mereka Bisa Seramai Ini Usahanya

Masjid Istiqal ramai pengunjung menjelang malam takbiran, Selasa, 4 Juni 2019.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Rifki Arsilan

Sudah seharusnya bagi seorang muslim ketika besoknya sudah memasuki 1 Syawal atau melaksanakan sholat Idul Fitri. Maka dari itu malamnya harus diisi dengan perbanyak takbir. Sebagaimana telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

"Kami dahulu diperintahkan untuk keluar pada hari raya sehingga para gadis juga keluar dan perempuan yang sedang haid pun keluar rumah. Mereka berada di belakang jamaah shalat, mereka bertakbir sebagaimana jamaah lain bertakbir, mereka berdoa dengan doa para jamaah, mereka berharap keberkahan hari itu." (HR. Bukhari).

2. Membayar Zakat Fitrah

Zakat Fitrah di Masjid Istiqlal.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sebelum melaksanakan sholat Id, bagi seorang muslim yang memiliki rezeki lebih, maka diharuskan untuk membayar zakat fitrah kepada orang yang membutuhkan dengan berbentuk bahan pokok, seperti beras semisal 2,5 kg atau 3,5 kg. Zakat fitrah tidak boleh diberikan berbentuk uang.

3. Mempersiapkan Sholat Idul Fitri

Sholat Idul Fitri 2011

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Amalan malam takbiran lainnya adalah mempersiapkan Sholat Idul Fitri dengan menggunakan pakaian terbaiknya. Selain itu juga, diharuskan menggunakan wewangian. Karena rasul sangat menggemari oleh yang rapi serta bersih.

Setelah melaksanakan sholat idul fitri, jika memiliki rezeki lebih alangkah baiknya untuk disedekahkan kepada orang yang sangat membutuhkan.

4. Memperbanyak Doa

berdoa

Photo :
  • pixabay

Amalan malam takbiran lainnya adalah memperbanyak doa serta banyak bersyukur. Selain itu juga, meminta kepada Allah SWT akan dipertemukan kembali dengan bulan yang penuh ampunan yaitu Bulan Ramadhan.

5. Memperbanyak berdzikir

Berdzikir.

Photo :
  • U-Report

Amalan malam takbiran selanjutnya adalah memperbanyak berdzikir, hal tersebut bisa dilakukan ketika setelah melaksanakan sholat isya, seraya memperbanyak takbir berdzikir juga termasuk amalan yang paling diutamakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya