Berapa Umur Bumi?

Bumi dan Bulan.
Sumber :
  • First Post

VIVA Tekno – Bumi saat ini telah berusia 4,54 miliar tahun di mana saat periode tersebut Bumi telah mengalami fenomena terbentuknya benua sampai memasuki proses menghilang, tudung es mengembang dan menyusut, hingga kehidupan yang berevolusi dari organisme bersel tunggal menjadi paus biru.

Kapan Bumi Kiamat?

Tapi, bagaimana kita tahu umur Bumi? Menurut seorang ahli geologi di University of Colorado Boulder Becky Flowers, ketika seorang ilmuwan Bumi melihat batu, itu bukan sekadar batu karena batu itu seperti memiliki cerita yang dapat diuraikan.

Ketika mineral terbentuk dari magma atau lava, itu kerap mengandung jejak bahan radioaktif, seperti uranium. Seiring waktu, unsur-unsur radioaktif tersebut meluruh, dengan arti memuntahkan radiasi yang mengubahnya menjadi unsur baru yang lebih stabil tapi tetap terperangkap di dalam mineral. 

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Seperti uranium-238 radioaktif, di mana bentuk umumnya berupa uranium. Atom-atomnya akan melepaskan energi hingga akhirnya berubah menjadi timah. 

Proses itu terjadi pada tingkat yang dikenal sebagai waktu paruh, sesuai dengan jumlah waktu yang dibutuhkan setengah dari atom untuk meluruh. 

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Waktu paruh uranium-238 lebih dari 4 miliar tahun, artinya dibutuhkan lebih dari 4 miliar tahun untuk setengah dari uranium-238 dalam sampel menjadi timbal. Ini membuatnya sempurna untuk objek yang sangat tua.

Dengan mengetahui waktu paruh ini, kita dapat menghitung berapa umur sebuah batuan berdasarkan rasio unsur radioaktif 'induk' dan unsur stabil 'anak' merupakan sebuah metode yang disebut penanggalan radiometrik.

Mineral zirkon biasanya digunakan untuk penanggalan radiometrik karena mengandung uranium dalam jumlah yang relatif besar, kata Flowers. Penanggalan timah uranium hanyalah salah satu jenis penanggalan radiometrik.yan

Ilustrasi planet di tata surya.

Photo :
  • Vito Technology

Jenis lain bisa menggunakan elemen yang berbeda, misalnya penanggalan radiokarbon, salah satu metode yang paling umum dengan menggunakan isotop karbon radioaktif yang memiliki waktu paruh ribuan tahun dan berguna untuk penanggalan bahan organik. 

Dengan menggunakan metode ini, ahli geologi telah menemukan mineral di Bumi yang berumur 4,4 miliar tahun. Artinya planet kita telah ada setidaknya selama itu. Tetapi jika para ilmuwan mengatakan Bumi berusia lebih dari 4,5 miliar tahun, dari mana datangnya tambahan 100 juta tahun itu?

Bumi, seperti yang disebutkan, telah banyak berubah selama miliaran tahun, terutama melalui proses seperti lempeng tektonik yang menggeser kerak bumi, melahirkan daratan baru dari magma dan mensubduksikan daratan lama kembali ke bawah tanah. 

Akibatnya, batuan dari awal sejarah planet sulit ditemukan karena sudah lama terkikis atau meleleh kembali menjadi bahan mentah, menurut situs Live Science, Rabu, 19 April 2023.

Para ilmuwan juga dapat menggunakan penanggalan radiometrik untuk menentukan usia batuan dari bagian lain tata surya. Beberapa meteorit mengandung materi yang berusia lebih dari 4,56 miliar tahun(terbuka di tab baru), dan batuan dari bulan dan Mars juga berumur sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Para ilmuwan juga dapat menggunakan penanggalan radiometrik untuk menentukan usia batuan dari bagian lain tata surya. Beberapa meteorit mengandung materi yang berusia lebih dari 4,56 miliar tahun, sementara batuan dari Bulan dan Mars juga diketahui berumur sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu.

Tanggal tersebut cukup dekat dengan terbentuknya tata surya mulai terbentuk, keluar dari awan gas dan debu, mengelilingi Matahari yang baru lahir. Dengan mengetahui semua usia relatif ini, kita dapat mulai menyusun garis waktu tentang bagaimana Bumi, Bulan, Mars, dan semua batuan kecil lainnya yang mengambang.

Namun peralihan dari awan debu purba ke planet Bumi tidak terjadi sekaligus, melainkan selama jutaan tahun, menurut Rebecca Fischer, seorang ilmuwan Bumi dan planet di Universitas Harvard.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya