Mengapa Dilarang Berhubungan Seks di Luar Angkasa?

Ilustrasi hubungan seks astronot di luar angkasa.
Sumber :
  • Outside Magazine

VIVA Tekno – Film fiksi ilmiah dan acara televisi memberi kesan bahwa seks di luar angkasa sama saja dengan di Bumi. Bahkan, di serial TV Extant 2014, Halle Berry berperan sebagai astronot yang hamil setelah misi di luar angkasa.

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Namun sekarang, penelitian yang dilakukan oleh sebuah universitas di Inggris mengungkap fakta soal seks dan kehamilan di luar angkasa —terutama karena pariwisata luar angkasa diperkirakan akan meningkat dalam sepuluh tahun ke depan dan fakta bahwa manusia berencana untuk hidup di beberapa planet di masa depan.

Sebuah laporan baru yang dilakukan oleh Cranfield University, Bedford, telah mempertanyakan apakah seks di luar angkasa 'ditanggapi dengan serius' oleh sektor pariwisata luar angkasa, yang dipimpin oleh orang-orang seperti SpaceX milik Elon Musk dan Blue Origin milik Jeff Bezos.

Diduga Cemburu, Suami Bacok Istri yang Sedang Hamil 4 Bulan

Sementara beberapa orang mungkin menertawakan saran tersebut, laporan baru, yang diterbitkan pada 24 April, menjelaskan bahwa hubungan seksual di luar lapisan ozon merupakan 'pertanyaan penting' karena pariwisata luar angkasa diperkirakan akan berkembang pesat selama dekade berikutnya.

Sekelompok ilmuwan dan dokter, yang dipimpin oleh Astrobiologi dan Bioteknologi Luar Angkasa di Universitas, David Cullen, telah meneliti apa yang akan terjadi jika kehamilan terjadi di luar angkasa. 

Mpok Alpa Hamil Anak Kembar, Sempat Kena Mental Saat Syuting

"Hal ini meningkatkan kemungkinan konsepsi manusia yang tidak terkendali di luar angkasa, yang menimbulkan risiko signifikan bagi sektor pariwisata luar angkasa yang baru muncul," tulis peneliti di makalah.

Meskipun astronot dilatih untuk menahan dorongan itu, hal yang sama mungkin tidak berlaku untuk turis luar angkasa, sebagaimana dikutip dari situs Express, Jumat, 28 April 2023.

Ilustrasi hubungan seks astronot di luar angkasa.

Photo :
  • dw

Cullen dan rekan-rekannya memulai penelitian setelah menemukan bahwa sektor tersebut tidak mempertimbangkan risiko yang ditimbulkan oleh seks di luar angkasa, terutama karena kehamilan di luar angkasa sangat penting jika kita ingin menjadi spesies multi-planet.

Mereka menunjukkan bahwa konsekuensi jangka panjang pada bayi yang dikandung di luar angkasa tidak diketahui, yang berpotensi merugikan, seperti perkembangan kelainan serta masalah sosial dan komersial seperti litigasi, kerusakan reputasi, dan kerugian finansial bagi perusahaan yang menawarkan perjalanan ke luar angkasa.

Hamil di luar angkasa dapat menyebabkan embrio dirusak oleh radiasi yang kemudian menyebabkan litigasi terhadap organisasi luar angkasa.

Oleh karena itu, disarankan agar turis luar angkasa menandatangani dokumen resmi yang setuju untuk tidak melakukan kegiatan cabul selama penerbangan.

Mereka menyimpulkan bahwa kurangnya penelitian tentang manusia yang berhubungan seks dan berkembang biak di luar angkasa telah menciptakan 'situasi yang tidak pantas yang perlu segera ditangani'.

Ke depan, para ahli mengatakan motivasi di balik aktivitas seksual selama penerbangan luar angkasa harus dipertimbangkan serta pemeriksaan kontrasepsi lebih lanjut.

Selama bertahun-tahun, NASA dan Badan Antariksa Rusia (Roscosmos) bersikeras bahwa tidak ada manusia yang pernah berhubungan seks di luar angkasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya