Tentara Rusia Punya Ilmu Gaib, Bikin Militer Ukraina Linglung

Spetsnaz Rusia.
Sumber :
  • Military Watch Magazine

VIVA Tekno – Tentara Rusia memiliki ilmu gaib untuk membuat diri mereka tidak terlihat dari pantauan militer Ukraina. Ilmu gaib tersebut mampu mengelaui musuh pada saat peperangan malam hari.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Namun, ilmu gaib yang dimaksud bukan arti yang sesungguhnya tetapi 'space blanket' atau mantel berlapis logam ringan yang dirancang untuk menyembunyikan jejak panas tubuh.

Mantel ini sangat membantu tentara Rusia dalam melakukan operasi militer di malam hari lantaran bisa menipu sniper/penembak jitu hingga drone mungil bersenjata granat militer Ukraina.

Kerjasamanya dengan Iran dan Rusia Disebut Sumber Kejahatan oleh AS, China Murka

Deretan Negara yang Dianggap Paling Siap Hadapi Perang Dunia 3

Hal itu diungkapkan oleh perwira Ukraina yang ditugaskan di wilayah Ukraina timur lewat akun media sosial Twitter, seperti dikutip dari situs Popular Mechanics, Senin, 8 Mei 2023.

Ia mengaku sedang mengamati tren penggunaan mantel atau selimut 'siluman' tersebut. Secara khusus, mantel seperti itu teridentifikasi pada tentara Rusia yang tertangkap maupun tewas dekat Avdiivka, wilayah utara Donetsk di Ukraina Timur.

"Menurut informasi yang disampaikan pasukan kami bahwa Kelompok Sabotase Rusia (DRG) menggunakan mantel antijejak panas tubuh (space blanket) untuk menghindari deteksi kamera termal dan drone," ungkap perwira Ukraina tersebut.

Ia juga menampilkan sebuah video yang sebelumnya dipublikasikan di kanal Telegram Rusia terkait demonstrasi space blanket, bagaimana seorang tentara bisa tetap tidak terdeteksi di balik mantel itu.

Namun, space blanket bukanlah teknologi baru. Kelompok Taliban di Afganistan sudah menggunakannya terlebih dahulu dan hasilnya efektif. Mereka berusaha mengurangi jejaknya terdeteksi oleh pasukan NATO dan Amerika Serikat (AS).

Meski begitu, kemampuan space blanket dalam melindungi personel militer dinilai tidak sempurna. Mantel-mantel ini masih mungkin memperlihatkan kontur berpola oleh alat pelacak panas tubuh.

Tapi, tetap saja, mereka masih lebih baik ketimbang kalau hanya pakai pakaian biasa, dan jauh lebih sulit untuk terlihat di antara obyek pengamatan yang luas. Teknik ini diyakini lebih efektif melawan pencitra termal komersial yang berkualitas rendah atau jangkauan pendek.

Mylar misalnya – dikenal dengan merek dagangnya Melinex dan Hostaphan dan istilah ilmiahnya BoPET – digunakan terutama untuk mencegah hilangnya panas.

Mylar juga memantulkan 97 persen dari radiasi panas yang datang kepada penggunanya, sangat baik melindungi dari sorot pelacak inframerah. Mantel ini relevan kalau digunakan pasukan Rusia pada awal musim dingin 2022/2023.

Saat itu, drone kamera merekam pasukan Rusia di garis depan yang berjuang melawan dingin dan hypothermia. Begitu juga untuk kubu Ukraina, yang relatif punya sedikit mantel atau tenda yang sama yang telah dibagikan ke para pengungsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya