Charger HP di Malam Hari Berbahaya

Ilustrasi baterai pada smartphone.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Rawpixel

VIVA Tekno  – Mengisi daya ponsel di malam hari mungkin tampak seperti waktu yang paling logis. Tetapi ketahuilah kalian bahwa melakukan hal tersebut sebenarnya dapat berdampak negatif pada masa pakai baterai perangkat dari waktu ke waktu.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Pembuat Android Huawei melawan cara charger ponsel dalam semalam, "Jangan biarkan ponsel Anda terhubung ke pengisi daya untuk waktu yang lama atau semalaman," kata mereka.

Sebaliknya, mereka merekomendasikan menjaga baterai antara 30 hingga 70 persen adalah cara terbaik untuk memperpanjang masa pakai baterai, dikutip dari laman IFL Science, Rabu, 10 Mei 2023.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Jika kesulitan untuk melihat seperti apa tampilannya, banyak telepon yang menawarkan opsi untuk melihat sisa baterai sebagai proporsi dalam pengaturan.

Sentimen ini juga dicerminkan oleh iPhone milik Apple yang menawarkan pengaturan pengisian baterai yang dioptimalkan, yang akan menjaga daya di bawah 80 persen.

Wanita Hamil Ditemukan Tewas di Ruko Kelapa Gading, Ponselnya Hilang

Sebagian besar ponsel pintar ditenagai oleh baterai lithium-ion dan baterai ini akan selalu menurun seiring waktu, tidak peduli bagaimana kita saat mengisi daya ponsel.

Ini karena baterai berfungsi dengan membawa muatan muatan di antara elektroda, dan melakukan hal tersebut untuk menekan bagian penyusunnya yang merusak efisiensinya dari waktu ke waktu.

Charger ponsel di tempat umum.

Photo :
  • vstory

“Cukup mudah untuk mengisi spons dari kering hingga penuh. Tetapi mencoba memaksa spons yang hampir jenuh untuk menyerap tetesan cairan terakhir membutuhkan tekanan dan kemungkinan akan membuat lebih banyak cairan menggenang di permukaan," kata Kevin Purdy dari iFixit.

'Pengumpulan' itu adalah penumpukan SEI (antarmuka elektrolit padat) pada baterai. Penumpukan SEI akan mengurangi kapasitas keseluruhan baterai.

Saran Huawei untuk menjaga baterai 30 hingga 70 persen daripada mendorong hingga 100 persen mungkin terasa salah. Tetapi jika menyangkut umur panjang baterai, dalam jangka panjang itu benar.

Demikian pula menghindari membiarkan baterai bekerja hingga 0 persen, juga akan mengurangi tekanan pada elektroda dan membuatnya bersenandung bahagia lebih lama.

Selain merusak masa pakai baterai, mengisi daya perangkat dalam semalam juga dapat menjadi masalah kesehatan dan keselamatan jika pengguna tidak berhati-hati.

Ini karena pengisian daya biasanya disertai dengan peningkatan suhu, dan jika terjadi kesalahan, permukaan yang mudah terbakar dapat dengan cepat menjadi berbahaya.

"Anda tidak boleh menyelipkan ponsel di bawah bantal atau mengisi dayanya di tempat tidur," kata Paul Shaw, kepala investigasi kebakaran di penyelamatan kebakaran Staffordshire.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya