Peta Jalan Teknologi NFC, Ingin seperti Mesin Kasir

Teknologi NFC (near field Communication).
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Tekno – Teknologi Near Field Communication (NFC) telah membuat kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Menggenggam Kilau Emas, Kisah Inspiratif Yoki Hardian Tenggara

Forum NFC, organisasi yang menetapkan standar untuk NFC, baru-baru ini mengungkapkan roadmap atau peta jalan untuk penelitian dan rencana penting hingga 2028.

Peta jalan ini menjabarkan arah masa depan teknologi NFC dan menyoroti perkembangan menarik yang diharapkan di tahun-tahun mendatang. Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui mengenai NFC, seperti dikutip dari situs Gizmochina, Selasa, 11 Juli 2023.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Apa itu NFC?

NFC adalah teknologi komunikasi nirkabel jarak pendek yang memungkinkan komunikasi aman dan tanpa kontak antar perangkat.

Volume Transaksi BRImo Capai Rp 1.251 Triliun di Kuartal I-2024

Hal ini memungkinkan pertukaran data dalam jarak pendek, biasanya beberapa sentimeter, hanya dengan mendekatkan dua perangkat berkemampuan NFC.

Teknologi tersebut semakin populer dan banyak digunakan di berbagai aplikasi seperti pembayaran seluler, kontrol akses, transportasi, dan lainnya. Selama bertahun-tahun ini telah mengalami evolusi yang signifikan dan adopsi yang meluas.

Inovasi muncul sebagai teknologi konektivitas nirkabel jarak pendek yang relatif baru, memungkinkan komunikasi tanpa batas antara perangkat yang mendukung NFC.

 

Teknologi NFC (near field Communication).

Photo :
  • Unsplash

Menurut laporan riset pasar, ukuran pasar NFC diperkirakan akan mencapai US$34,9 miliar pada 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 14,2 persen selama periode perkiraan.

Pertumbuhan ini dapat dikaitkan dengan meningkatnya permintaan chip NFC dari berbagai industri, termasuk kesehatan dan ritel.

Salah satu tonggak penting dalam evolusi NFC adalah pengenalan Forum NFC, sebuah konsorsium global yang terdiri dari perusahaan teknologi terkemuka.

Forum NFC memainkan peran penting dalam mempromosikan pengembangan dan standardisasi teknologi NFC, memastikan interoperabilitas dan kompatibilitas di seluruh perangkat.

Forum ini terdiri dari perwakilan dewan dari perusahaan teknologi terkemuka seperti Apple, Google, Huawei, Identiv, Infineon, NXP, Qualcomm, Sony, dan STMicroelectronics.

Roadmap NFC

Forum baru-baru ini meluncurkan peta jalan yang menarik, menguraikan penelitian utama dan rencana untuk masa depan NFC hingga 2028.

Peta jalan ini menjanjikan kemajuan dan peningkatan signifikan pada NFC, menjadikannya lebih cepat, lebih mudah, dan benar-benar tanpa kontak.

Berikut adalah peningkatan yang diusulkan untuk teknologi NFC

Forum NFC mengusulkan untuk meningkatkan daya pengisian nirkabel standar NFC dari 1W saat ini menjadi 3W. Pembaruan semacam itu akan membuka kemungkinan daya nirkabel seperti membawa daya nirkabel dan mengisi daya ke faktor bentuk baru dan lebih kecil, dan juga membuka jalan bagi aplikasi inovatif di industri baru yang sebelumnya tidak dapat dijalankan.

 

Supermarket canggig dengan teknologi NFC (Nier Field Communication)

Photo :
  • YouTube

Jangkauan yang diperpanjang

Selain itu, peta jalan bertujuan untuk membuat NFC sepenuhnya tanpa kontak berkat kemampuan jangkauan yang diperluas, menghilangkan kebutuhan akan kontak fisik antarperangkat.

Sementara versi yang lebih lama biasanya mengharuskan perangkat berada sangat dekat satu sama lain untuk komunikasi (5mm).

Standar baru memungkinkan jarak yang lebih jauh antar perangkat (empat hingga enam kali jarak pengoperasian saat ini) tanpa mengorbankan kualitas koneksi.

Hal ini akan memberikan interaksi yang lebih mulus dan higienis, terutama di era pascapandemi Covid-19, di mana teknologi nirsentuh semakin disukai.

Selain itu, NFC membuka kemungkinan untuk aplikasi di berbagai bidang seperti pelacakan aset dan otomatisasi rumah pintar, di mana perangkat dapat berkomunikasi dalam jarak yang lebih jauh.

Rencana baru ini bertujuan untuk meningkatkan cara kerja smartphone dengan NFC seperti mesin kasir, yang artinya, bisnis atau orang dapat menerima pembayaran di mana saja menggunakan smartphone mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya