Profil Budi Arie, Relawan Jokowi yang Kabarnya Jadi Menkominfo

Wamendes PDDT, Budi Arie Setiadi.
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVA Tekno – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi disebut akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Senin, 17 Juli 2023 sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Jokowi Hadiri Pernikahan Rizky Febian & Mahalini, Sule Ungkap Momen Mengharukan!

Menurut data yang diolah VIVA Tekno, pria yang akrab disapa Budi Arie ini dikenal sebagai pendiri dan Ketua Umum Projo, organisasi relawan darat pendukung Presiden Joko Widodo. Dia lahir di Jakarta, 20 April 1969.

Pernah menjabat sebagai Kepala Balitbang PDI Perjuangan DKI Jakarta (2005-2010), dia juga tercatat pernah menjadi Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Pria usia 54 tahun itu kemudian mendirikan Projo, kelompok relawan darat terbesar pendukung Jokowi pada Agustus 2013. Selain menjadi Ketua Umum Projo, saat ini Budi Arie juga menjadi Dewan Penasihat ILUNI UI.

Presiden Jokowi dan Iriana Hadir hingga Beri Karangan Bunga di Pernikahan Mahalini - Rizky Febian

Ketua umum Projo Budi Arie Setiadi

Photo :
  • Istimewa

Riwayat pendidikannya dimulai dari SD Marsudirini Koja, Jakarta Utara. Kemudian dilanjutkan di SMP Marsudirini Koja, lalu SMA Kolose Kanisius Jakarta pada 1988.

Lulus SMA, dia lanjut ke Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UI dan lulus pada tahun 1996. Budi Arie kemudian menyelesaikan S2 di Managemen Pembangunan Sosial Universitas Indonesia.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Presiden Jokowi akan melantik sejumlah menteri dan wakil menteri baru di Kabinet Indonesia Maju pada Senin, 17 Juli 2023. Salah satu pejabat yang dikabarkan dilantik ialah Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Jika benar, Budi Arie akan menggantikam Johnny G Plate yang ditetapkan menjadi tersangka karena korupsi proyek base transceiver station (BTS) 4G melalui Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya