Kisah Persahabatan Oppenheimer dan Albert Einstein

Film Oppenheimer
Sumber :
  • Forte Indonesia

VIVA Tekno  – Salah satu karakter yang sulit untuk dilewatkan dalam film Oppenheimer adalah Albert Einstein, ahli fisika teoretis yang mengubah paradigma dengan ciri khas yang ada di rambutnya.

Menlu Iran soal Senjata Pemusnah Massal: Penggunaan Nuklir Hanya untuk Tujuan Damai

Sementara Oppenheimer dan Einstein tidak pernah secara langsung bekerja sama dalam proyek apa pun, kedua ilmuwan itu memang berpapasan sepanjang hidup mereka. 

Ada bukti kuat bahwa pasangan tersebut menumbuhkan persahabatan yang kuat menjelang akhir hari-hari Einstein di tahun 1950-an - mungkin berbagi pemikiran tentang monster atom yang mereka ciptakan.

Demi Alasan Keamanan, Polandia Siap Tampung Senjata Nuklir NATO

Film Christopher Nolan itu menceritakan kisah yang mengubah Bumi dari J. Robert Oppenheimer, Direktur Laboratorium Los Alamos selama Perang Dunia II yang dikenal sebagai 'bapak bom atom' untuk peran utamanya dalam Proyek Manhattan, upaya Amerika Serikat untuk membuat bom atom pertama.

Einstein tidak pernah terlibat langsung dengan Proyek Manhattan karena lebih nyaman di depan papan tulis daripada di ruang rapat yang dipenuhi petinggi militer.

Terkuak Deretan Negara Ini Ternyata Jadi Penyokong Senjata Canggih ke Israel

Persamaan E=mc² yang ikonik menjelaskan energi yang dilepaskan dalam bom atom. Tetapi hubungannya dengan pembuatan bom atom secara fisik sering disalahpahami.

Albert Einstein

Photo :
  • U-Report

Pada tahun 1938, sebuah tim kecil ilmuwan di Jerman berhasil membelah atom uranium, mengungkap proses nuklir baru 'fisi' yang mampu menciptakan energi dalam jumlah luar biasa.

Mewaspadai perkembangan ini, Einstein menandatangani surat yang ditulis oleh fisikawan Leo Szilard pada tahun 1939, memperingatkan bagaimana Nazi Jerman memiliki potensi untuk mengembangkan bom jenis baru yang sangat kuat dan menyarankan agar AS memulai program nuklirnya sendiri. 

Itu kemudian dikirim ke Presiden Franklin D. Roosevelt, yang akhirnya meluncurkan Proyek Manhattan pada tahun 1942. The New York Times melabeli surat Einstein untuk tahun 1939 sebagai kekuatan yang 'meluncurkan bom atom dan Zaman Atom'.

Dengan melihat ke belakang, kita dapat mengetahui bahwa Jerman hampir tidak mengembangkan senjata nuklir yang layak meski telah menemuman fisi mereka. 

Sebaliknya, AS berhasil dalam upaya mereka untuk membuat bom – dengan tekad yang menghancurkan. Ketika dia mendengar berita tentang bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima, Einstein dikatakan berkomentar, "Celakalah aku".

Setelah perang, Einstein lebih lanjut menyarankan dia menyesal menandatangani surat itu, dengan mengatakan, "Seandainya saya tahu bahwa Jerman tidak akan berhasil mengembangkan bom atom, saya tidak akan melakukan apa-apa," katanya.

Film Oppenheimer

Photo :
  • Istimewa

Di tahun-tahun terakhirnya, Einstein terus mengecam keras senjata nuklir. Hanya beberapa bulan sebelum kematiannya pada tahun 1955, dia dipanggil oleh filsuf Inggris Bertrand Russell untuk menandatangani Manifesto Russell–Einstein, memperingatkan tentang ancaman eksistensial yang ditimbulkan oleh senjata pemusnah massal mereka sendiri. 

"Kami memohon, sebagai manusia, kepada manusia: Ingatlah kemanusiaan Anda, dan lupakan yang lainnya. Jika Anda dapat melakukannya, jalan terbuka menuju Firdaus baru. Jika Anda tidak bisa, di hadapan Anda ada risiko kematian massal,” simpulnya. 

Kita hanya bisa menebak apa yang dibicarakan Einstein dan Oppenheimer selama era pascaperang, mengutip dari situs IFL Science, Selasa, 25 Juli 2023.

Pada tahun 1966, sebelas tahun setelah kematian Einstein, Oppenheimer menyampaikan ceramah berjudul Tentang Albert Einstein di Gedung UNESCO, Paris. 

Tahun berikutnya, kata-katanya diterbitkan di The New York Review. Dalam pidatonya, Oppenheimer menjelaskan bahwa dia mengenal Einstein selama dua atau tiga dekade dan menjadi teman dalam dekade terakhir hidupnya.

“Einstein sering disalahkan atau dipuji atau dikreditkan dengan bom yang menyedihkan ini. Menurut saya itu tidak benar,” kata Oppenheimer.

Albert Einstein

Photo :
  • U-Report

Dia menjelaskan, Einstein telah menciptakan revolusi intelektual dan menemukan lebih banyak hal dari ilmuwan mana pun di zaman itu dan betapa dalamnya kesalahan yang dibuat oleh orang-orang sebelum mereka. 

"Dia memang menulis surat kepada Roosevelt tentang energi atom. Saya pikir ini sebagian adalah penderitaannya atas kejahatan Nazi, sebagian karena tidak ingin menyakiti siapa pun dengan cara apa pun. Tetapi saya harus melaporkan bahwa surat itu memiliki pengaruh yang sangat kecil, dan Einstein sendiri sebenarnya tidak bertanggung jawab atas semua yang datang kemudian. Saya percaya dia sangat memahaminya," tambahnya.

Seperti Einstein, Oppenheimer dikenal karena pandangannya yang retak tentang apa yang disebut 'bom yang menyedihkan'. Pada November 1945, hanya tiga bulan setelah bom dijatuhkan di Hiroshima, yang secara efektif mengakhiri Perang Dunia Kedua di Pasifik, dia mengundurkan diri dari lab Los Alamos. 

Dalam pidato perpisahannya, dia tidak secara eksplisit meminta maaf karena menciptakan bom nuklir, melainkan melihatnya sebagai bagian tak terhindarkan dari penguraian alam semesta oleh manusia dan penguasaan kita atas alam.

Namun demikian, dia jelas tahu apa yang dipertaruhkan jika nuklir jatuh ke tangan yang salah. 

"Jika bom atom akan ditambahkan sebagai senjata baru ke gudang senjata dunia yang berperang, atau ke gudang senjata negara-negara yang bersiap untuk perang, maka akan tiba saatnya umat manusia mengutuk nama Los Alamos dan Hiroshima," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya