Berapa Lama Umur Asteroid?

Permukaan Asteroid Ryugu.
Sumber :
  • JAXA

VIVA Tekno – Pada Oktober 2020, pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx milik NASA (Badan Penerbangan dan Antariksa) mendekati asteroid Bennu. Wahana itu telah mengorbit targetnya selama hampir dua tahun, menurunkan lengan robotik dan meraup sekitar 4,4 pon (2 kilogram) material berbatu dan berdebu dari permukaan asteroid. 

Direkomendasikan oleh IDI, Apa Sih Physical Sunscreen Itu?

Materi ini adalah sampel pertama asteroid yang dikumpulkan oleh misi AS, dan mungkin membantu para ilmuwan menjawab beberapa pertanyaan membingungkan seperti berapa umur asteroid seperti Bennu? Dan berapa lama mereka bertahan?

Untuk memahami berapa lama asteroid bertahan, penting untuk mengetahui kapan dan bagaimana mereka terbentuk. Asteroid di tata surya kita bersatu keluar dari piringan protoplanet, kumpulan debu tebal dan material berbatu yang berputar mengelilingi Matahari kita, 4,5 miliar tahun yang lalu. 

Kapan Bumi Kiamat?

"Debu mulai menggumpal. Seiring waktu, kelinci debu ini mengumpulkan lebih banyak material, saling bertabrakan dan saling menempel. Beberapa dari mereka menjadi bola salju ke seluruh planet, seperti Bumi. Lainnya menjadi bulan, komet, dan asteroid," kata Harold Connolly, ilmuwan untuk OSIRIS-REx

Sebagian besar asteroid di tata surya sekarang berada di sabuk asteroid, yang membentang antara Mars dan Jupiter, meskipun kadang-kadang ada yang terlempar dari sabuk dan menjadi asteroid dekat Bumi. 

Matahari Putra Prima Ditinggal Resign 3 Bosnya, Ada Apa?

Asteroid utuh terbesar kira-kira seusia dengan tata surya yakni 4,5 miliar tahun. Tetapi beberapa asteroid dapat dianggap lebih muda, karena terdiri dari potongan-potongan kecil yang terpisah dari benda-benda yang lebih besar ini.

Asteroid yang dipotret Hayabusa I.

Photo :
  • JAXA

Batu ruang angkasa itu dapat pecah dan akhirnya hancur dalam beberapa cara berbeda. Salah satunya adalah dengan berputar. Itu biasanya berbentuk tidak beraturan — tidak seperti planet, yang memiliki cukup gravitasi untuk menarik dirinya ke dalam bola kasar — sehingga cenderung miring ke satu sisi. 

Jika mulai berputar setelah tabrakan atau didorong oleh radiasi Matahari, gaya tersebut dapat mengirim bongkahan asteroid terbang ke luar angkasa.

"Anda mendapatkan sedikit perbedaan torsi di sana-sini, dan akhirnya rusak," kata Connolly dikutip dari situs Live Science, Selasa, 1 Agustus 2023.

Asteroid juga dapat terfragmentasi dari tekanan termal karena materialnya mengembang dan menyusut akibat panas Matahari selama jutaan tahun dari atau ketika mengalami kehilangan air secara tiba-tiba karena es di dalam asteroid diubah menjadi gas oleh panas bintang kita. 

Kadang-kadang, asteroid pecah dari tabrakan dengan benda langit berbatu lainnya, 'seperti permainan biliar kosmik', kata Connolly.

Benda berukuran 1 kilometer (0,6 mil) dapat bertahan sekitar 440 juta tahun. Sementara objek berukuran 10 kilometer (6,2 mil) sekitar 4 miliar tahun di sabuk asteroid, menurut Kevin Walsh, seorang astronom di Southwest Research Institute di Colorado.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya