Sosok Fadhila Mathar, Dirut Bakti Kominfo yang Baru

Direktur Utama Bakti Kominfo Fadhila Mathar.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Fadhila Mathar resmi dilantik menjadi Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Senin, 14 Agustus 2023.

Kemenkominfo Gratiskan IDTH untuk UMKM

Menurut data yang diolah VIVA Tekno, dia bukan orang baru di Bakti. Fadhila pernah jadi salah satu yang dicekal dari 23 orang terkait penyidikan dugaan tindak pidana korupsi Bakti oleh Jaksa Agung Muda Intelijen.

Sebelumnya ada dugaan keterlibatan para pihak melakukan tindak pidana korupsi dalam penyediaan infrastruktur BTS 4G dan infrastruktur pendukung paket 1,2,3,4, dan 5 BAKTI Kominfo.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Dia menjabat sebagai direktur sumber daya dan administrasi (SDM) BAKTI Kemkominfo. Fadhila meraih gelar doktor jurusan strategi manajemen di Universitas Indonesia

Dia juga tercatat menjadi dosen di Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Fakta lain yang terkuak adalah Fadhila mengikuti seleksi Dirut Bakti putaran pertama yang lolos bersama Ade Dimijanty dan Kustanto.

Wacana Prabowo Tambah Kementerian, Ketum Projo: Pokoknya yang Terbaik untuk Bangsa, Kita Dukung

Kemkominfo lantik Dirut Bakti, Fadhila Mathar.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Beberapa waktu yang lalu, Kepala Badan Litbang SDM Kominfo Hary Budiarto menjelaskan seleksi secara terbuka diadakan sejak 13 April 2023, dimulai dari kegiatan pengumuman, penerimaan berkas peserta secara online, dilanjutkan seleksi administrasi untuk persyaratan peserta. 

Kemudian dilanjutkan dengan penulisan makalah dan tes asesmen untuk profil serta kompetisi yang dimiliki masing-masing peserta.

Dalam konferensi pers setelah pelantikan, Menkominfo Budi Arie Setiadi mengaku akan terus memantau pelaksanaan program secara rutin dan serius.

"Semua dinamika yang terjadi di Bakti menjadi pelajaran berguna untuk kita semua. Saya ajak semua terus mendukung dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan," kata Budi Arie.

Dia berpesan kepada Fadhila untuk kembali bangkitkan semangat dan spirit perjuangan keluarga besar Bakti di seluruh unit kerja yang ada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya