Jet Tempur Bisa Tembus ke Luar Angkasa dan Gendong Satelit

Jet tempur MiG-41 Rusia.
Sumber :
  • Twitter

VIVA Tekno Jet tempur generasi kelima modern seperti F-22 Raptor, F-35 Lightning 2, dan Su-57 Rusia, adalah pesawat tempur paling canggih yang pernah mengudara.

Di Tengah Pertempuran Rusia-Ukraina, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Ditangkap Karena Terima Suap

Akan tetapi, sesuatu terjadi pada 2018 yang secara tidak sengaja memulai perlombaan untuk mengembangkan pesawat generasi keenam, yang akan memberi pilot Raptor dan Lightning.

Saat itu, kantor berita TASS Rusia melaporkan bahwa Kementerian Pertahanan ingin mengembangkan pesawat intersepsi jarak jauh untuk menggantikan jet tempur Mig-31 yang sudah tua – peninggalan Perang Dingin.

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi

Unit pesawat militer Rusia Mikoyan Gurevich mulai bekerja pada program MiG-41 PAK DP pada 2013. Konsep MiG-41 akan menggantikan MiG-31 Foxhound sebagai pencegat udara perdana Rusia.

Namun, rincian mengenai jet tempur rahasia terbaru Rusia tersebut diperkirakan masih belum diketahui. Jika rumor tersebut benar, MiG-41 PAK DP (Prospective Air Complex for Long-Range Interception) akan menghancurkan semua ekspektasi dengan kemampuan hi-tech.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Dikutip dari laman Slash Gear, Rabu, 23 Agustus 2023, jet tempur MiG-41 PAK DP akan melakukan pelayaran perdananya pada 2025 dan memasuki layanan operasi tiga tahun kemudian.

VIVA Militer: Jet tempur siluman F-22 Raptor Angkatan Udara Amerika Serikat

Photo :
  • lockheedmartin.com

Ketika itu terjadi, kendaraan terbang tersebut akan memiliki serangkaian fitur yang menarik. Misalnya, ini bisa menjadi pesawat militer tercepat di dunia, mampu terbang dengan empat kali kecepatan suara (Mach 4 atau 4.939 kpj) dan beroperasi dekat ruang angkasa – cukup untuk mengungguli SR-71 Blackbird milik Lockheed Martin.

Selain itu, menurut banyak laporan, jet tempur ini tidak akan terlihat di radar dan dapat mencegat pembom, rudal jelajah, dan drone dengan senjata miliknya, serta mampu menggendong satelit ke orbit rendah Bumi.

Tapi, ilmuwan dan insinyur Rusia memiliki banyak rintangan yang harus diatasi untuk membuktikan bahwa proyek MiG-41 PAK DP lebih dari sekadar perangkat uap.

Penerbangan supersonik berkelanjutan membutuhkan banyak bahan bakar dan membawa berton-ton akan membuatnya menambah bobot.

Selain itu, terbang dengan kecepatan Mach 4 menghasilkan panas yang tak terduga dan suhu ekstrem yang disebabkan oleh gesekan udara, membutuhkan bahan terbarukan yang menolak panas sambil tetap mempertahankan lapisan siluman.

Pesawat tempur militer Rusia MiG-31 fighter

Photo :
  • AP Photo/Alexander Zemlianichenko

Terlepas dari pembicaraan tentang defisit pendanaan untuk mengkompensasi kegiatan militer Rusia di Ukraina, perlombaan untuk mengembangkan jet tempur generasi keenam pertama di dunia masih berlanjut.

Angkatan Udara Amerika Serikat memiliki program NGAD (Next Generation Air Dominance), sementara Angkatan Udara Bela Diri Jepang (JASDF) akan menyiapkan jet tempur generasi berikutnya pada 2035.

Namun demikian, semua yang sedang terjadi dilaporkan secara teori masih memungkinkan, jadi kita harus menunggu dan melihat apakah mesin militer Rusia benar-benar dapat melakukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya