Perjalanan Berliku India hingga Sukses Mendarat di Bulan

Roket pembawa wahana penjelajah Bulan milik India, Chandrayaan-2.
Sumber :
  • Dokumen Indian Space Research Organisation (ISRO)

VIVA Tekno India berhasil menorehkan sejarah dengan melakukan pendaratan di Bulan, menyusul Amerika Serikat (AS), Uni Soviet, dan China. Mereka juga yang pertama menginjakkan kaki di dekat Kutub Selatan Bulan melalui pesawat luar angkasa Chandrayaan-3.

List of Countries with the Most Widows

Tapi ternyata untuk bisa mencapai prestasi ini, negeri Bollywood itu harus melewati jalan terjal. Berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno, Jumat, 25 Agustus 2023, berikut sejumlah kegagalan Misi ke Bulan India:

Hilangnya Chandrayaan-I

Knowing the World's Largest Lift: Can Accommodate 235 People Per Trip

Roket lepas landas membawa wahana Chandrayaan-2 ke Bulan

Photo :
  • Twitter/@isro
Deretan negara Ini Ternyata Miliki Jumlah Janda Terbanyak di Dunia

Pada 2019, India kehilangan pesawat ulang-alik Chandrayaan-I. Para peneliti dan teknisi di badan antariksa India kehilangan kontak dengan pesawat antariksa misi pertama India ke bulan ini pada 29 Agustus, pukul 01:30 pagi waktu setempat. 

Data dari Chandrayaan-I terakhir ditransmisikan pada pukul 12:25 siang ke Jaringan Antariksa India di Byalalu, dekat Bangalore. Direktur Proyek Mylswamy Annadurai mengatakan misi Chandrayaan-I telah berakhir.

Chandrayaan-2

PM India Narendra Modi Menyaksikan Peluncuran Roket India ke Bulan

Photo :
  • Express

Badan antariksa India, Indian Space Research Organisation atau ISRO menunda misi datang ke Bulan, Chandrayaan-2, yang rencananya dilakukan pada 14 Juli 2019 pukul 05:21 waktu setempat. 

Misi tersebut terpaksa ditunda karena ada kesalahan teknis. Chandrayaan-2 merupakan generasi penerus dari misi yang pertama, yang diluncurkan ke orbit Bulan pada 2008. 

Misi itu membantu menemukan keberadaan molekul air di Bulan. Proyek ini menghabiskan biaya hingga US$142 juta atau hampir mencapai Rp2 triliun.

Chandrayaan-2 memiliki beberapa komponen yang dibawa ke Bulan, seperti pendarat Vikram dan penjelajah Pragyan. Butuh waktu tujuh pekan untuk bisa sampai di Bulan, wahana tersebut lepas landas pada 20 Agustus dan pendarat terpisah dari pengorbit pada 2 September.

Vikram

Kendaraan luar angkasa tenaga rudal milik India Chandrayaan II

Photo :
  • Indian Space Research Organization/ Sumber BBC

Vikram, robot penjelajah yang akan menyusuri permukaan Bulan hingga sisi Kutub Selatan Bulan hilang kontak pada tahun 2019. Ini membuat cita-cita India sebagai negara keempat yang berhasil mendaratkan robotnya di Bulan, harus pupus.

Menurut data terakhir, ketinggian terendah wahana India sebelum hilang kontak dari Bumi adalah 0,2 mil atau 0,33 kilometer di atas permukaan bulan. Artinya jarak sejarah India menjejakkan diri ke permukaan Bulan, cuma tinggal 0,3 kilometer saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya